Sukses

Peringati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 2023, PTDI Resmikan Auditorium BJ Habibie

Ini menjadi penghormatan kepada BJ Habibie atas peran pentingnya dalam membangun industri kedirgantaraan nasional dan sebagai Founding Father PTDI.

Liputan6.com, Bandung - PT Dirgantara Indonesia (PTDI) meresmikan Auditorium BJ Habibie yang berada di Gedung PKSN PTDI, Jalan Pajajaran Nomor 154, Bandung bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2023 yang jatuh setiap 10 Agustus.

Hal ini dilakukan untuk memberikan penghormatan kepada BJ Habibie atas peran pentingnya dalam membangun industri kedirgantaraan nasional dan sebagai Founding Father PTDI.

Menurut Direktur Utama PTDI, Gita Amperiawan, BJ Habibie dengan filosofinya "Berawal di Akhir, Berakhir di Awal" mengajarkan bahwa dalam membangun pesawat tidak selalu dimulai dari komponen, tetapi secara langsung mempelajari akhir dari proses (pesawat yang sudah dibangun), kemudian membalikkan melalui fase pembuatan komponen.

"Bapak Habibie sangat erat sekali dikaitkan dengan perkembangan industri kedirgantaraan, terutama PTDI, Perusahaan yang diresmikan beliau pada tanggal 23 Agustus 1976. Sehingga, bagi PTDI berbagai pemikiran dan kebijakannya tentu memberikan banyak pengaruh besar untuk Perusahaan. Bertepatan dengan momentum Hakteknas ini, sangat baik bagi kita untuk memberikan tanda hormat kepada beliau dengan meresmikan Auditorium B.J. Habibie," ujar Gita dalam keterangan resminya, Bandung, Sabtu, 12 Agustus 2023.

Gita menerangkan BJ Habibie dengan filosofi tersebut memiliki pemikiran dan tindakan yang mengubah bangsa Indonesia menjadi bangsa yang dikagumi dunia. BJ Habibie sudah berpikir untuk membangun bangsa dengan mengendepankan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi tinggi.

Pada 28 tahun lalu, tepat pada tanggal 10 Agustus 1995 pesawat N250 Gatotkaca melakukan penerbangan perdana (first flight) dan dalam rangka memperingati momen tersebut ditetapkanlah Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) yang diperingati pada tanggal 10 Agustus setiap tahunnya. Hal tersebut merupakan bagian penting dalam sejarah perkembangan teknologi dan kedirgantaraan Indonesia.

Nilai-nilai BJ Habibie dalam membangun industri kedirgantaraan tentunya menggerakkan generasi muda PTDI untuk mendorong peningkatan, penguasaan dan inovasi teknologi tinggi, yang kemudian dapat dijadikan kunci dalam menempatkan Indonesia sebagai negara maju, sekaligus mewujudkan kemakmuran bangsa dan memastikan Indonesia mampu menghadapi persaingan, baik di tingkat regional maupun internasional.

"Kami atas nama keluarga besar Almarhum Bapak BJ Habibie mengucapkan terima kasih dan merupakan sebuah kehormatan bagi kami atas pemberian nama Auditorium PKSN di PTDI menjadi Auditorium BJ Habibie. Semoga Auditorium BJ Habibie khususnya dan PTDI umumnya, akan dapat memberikan lebih banyak lagi manfaat terhadap keluarga besar PTDI, dan seluruh masyarakat Indonesi," kata Ilham Habibie.

Peresmian Auditorium BJ Habibie diharapkan dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh para penggiat industri dirgantara, mahasiswa, dosen, pelajar dan masyarakat umum untuk terus melanjutkan semangat B.J. Habibie dan menjadi tempat bersejarah dalam proses pembangunan industri kedirgantaraan ke depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.