Sukses

Kenali Perbedaan Frugal Living dan Minimalis, Penerapan Gaya Hidup Sederhana dengan Tujuan Sama

Meskipun memiliki tujuan yang serupa, keduanya mengambil pendekatan yang berbeda dalam mencapai gaya hidup yang sederhana

Liputan6.com, Jakarta - Frugal living dan minimalis adalah dua konsep berbeda namun sama-sama fokus dalam mengurangi konsumsi dan mencapai kehidupan yang lebih sederhana.

Meskipun memiliki tujuan yang serupa, keduanya mengambil pendekatan yang berbeda dalam mencapainya. Frugal artinya hemat, sementara living artinya hidup.

Jika diartikan secara harfiah, maka frugal living sendiri adalah gaya hidup hemat. Frugal living lebih menekankan efisiensi dan penghematan dengan mengacu pada pendekatan ekonomis untuk konsumsi sumber daya, terutama pada uang, dan juga sumber daya lainnya seperti waktu dan energi.

Sedangkan minimalisme menitikberatkan pada memiliki lebih sedikit barang. Seperti contohnya misal mereka hanya memiliki satu sepatu untuk sekolah

Berikut perbedaan mendasar antara frugal living dan minimalis serta bagaimana keduanya dapat membantu mencapai kebahagiaan dan kepuasan hidup.

Frugal Living

Frugal living adalah gaya hidup yang berfokus pada pengeluaran hemat dan bijaksana. Orang yang menerapkan frugal living cenderung menghindari pemborosan, membandingkan harga sebelum membeli, dan mengutamakan nilai dari setiap pembelian.

Tujuan utama dari frugal living adalah mengurangi pengeluaran sebanyak mungkin agar uang dapat diarahkan pada hal-hal yang lebih penting dan berharga dalam hidup.

Minimalis

Minimalis, di sisi lain, adalah filosofi yang berfokus pada kesederhanaan dan pemusatan pada hal-hal yang benar-benar penting. Orang yang mengadopsi gaya hidup minimalis cenderung mengurangi kepemilikan barang, mengurangi kebingungan dalam kehidupan sehari-hari, dan mengutamakan pengalaman daripada materi. Minimalis bertujuan untuk mencapai kebahagiaan melalui pengurangan beban dan fokus pada inti dari hidup.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbedaan Utama

Perbedaan Utama:

Pendekatan

Frugal living lebih berfokus pada pengeluaran dan penghematan uang, sedangkan minimalis berpusat pada mengurangi kepemilikan barang dan mengefisienkan gaya hidup.

Prioritas

Frugal living mengutamakan nilai uang dan mencari cara untuk mengurangi biaya dalam kehidupan sehari-hari, sementara minimalis lebih mengutamakan kualitas hidup melalui penyederhanaan dan pengalaman yang lebih bermakna.

Fokus

Frugal living mengarah pada perencanaan keuangan yang lebih cermat, sementara minimalis lebih menekankan pada pengorganisasian kehidupan dan ruang dengan cara yang lebih sederhana dan ringkas.

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.