Sukses

Jelang Perayaan 17 Agustus, Ini 7 Ide Lomba 17-an yang Unik dan Tak Biasa

Agar lebih variatif dan tidak membosankan, berikut deretan ide lomba 17-an unik yang akan lebih memeriahkan semarak HUT Kemerdekaan RI

Liputan6.com, Yogyakarta - Mendekati perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI, berbagai perayaan lomba 17-an akan dilaksanakan. Berbagai jenis perlombaan yang meriah dan menyenangkan pun mulai menghiasi setiap sudut daerah di Indonesia.

Umumnya, lomba yang diadakan adalah lomba makan kerupuk, memukul air, memasukkan pensil ke dalam botol, dan sebagainya. Agar lebih variatif dan tidak membosankan, berikut deretan ide lomba 17-an unik yang akan lebih memeriahkan semarak HUT Kemerdekaan RI:

1. Estafet air

Lomba estafet air dilakukan secara berkelompok dengan jumlah 5-7 peserta. Semua anggota kelompok duduk berbaris ke belakang, lalu peserta paling depan akan menuangkan air ke baskom yang dipegang oleh peserta di belakangnya tanpa boleh berbalik atau menoleh.

2. Estafet tepung

Sama seperti estafet air, lomba estafet tepung biasanya dilakukan secara berkelompok. Masing-masing kelompok berjumlah 5-7 peserta.

Dalam lomba ini, semua anggota kelompok duduk berbaris ke belakang. Kemudian, peserta paling depan akan mulai menuangkan tepung ke piring yang dipegang oleh peserta di belakangnya secara estafet.

Estafet tepung dilakukan sampai ke peserta paling akhir. Saat melalukan estafet, para peserta dilarang menengok atau membalikkan badan. Pemenangnya adalah kelompok yang berhasil menyisakan tepung paling banyak. 

3. Gebuk Bantal

Lomba gebuk bantal melibatkan 2 peserta. Mereka akan duduk di atas bambu atau batang pohon panjang yang diletakkan di atas sungai atau kolam.

Kedua peserta yang duduk berhadapan itu kemudian saling memukul satu sama lain menggunakan bantal sampai salah satunya terjatuh. Peserta yang bertahan di atas bambu atau batang pohon akan menjadi pemenang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Makan Biskuit

Tata cara lomba makan biskuit adalah dengan meletakkan biskuit di wajah peserta. Selanjutnya, para peserta harus memakan biskuit tersebut tanpa bantuan tangan dan hanya mengandalkan gerakan wajah. Ekspresi setiap peserta yang lucu saat memindahkan biskuit ke mulut pun akan membuat lomba semakin seru.

5. Menangkap belut dan bebek

Meski terlihat biasa, tetapi lomba menangkap belut atau bebek akan menjadi lomba yang menyenangkan. Para peserta harus menangkap belut atau bebek di sebuah arena dengan mata tertutup.

Perlombaan akan semakin seru dan menyenangkan karena belut dan bebek sulit ditangkap. Belut memiliki kulit yang licin dan berlendir, sedangkan bebek biasanya reflek berlari saat akan ditangkap. Lomba ini bisa dilakukan secara individu maupun berkelompok dengan 5-8 anggota.

6. Mencari koin di tepung

Lomba mencari koin di tepung biasanya dilakukan secara individu. Para peserta harus mencari beberapa koin yang diletakkan di dalam tumpukan tepung di sebuah tempat datar. Aturannya, peserta dilarang menggunakan tangan, melainkan harus mencarinya dengan mulut.

7. Tebak Gambar Pahlawan

Lomba yang satu ini akan menjadi lomba yang menyenangkan sekaligus menambah wawasan. Para peserta harus menebak nama pahlawan Indonesia berdasarkan gambar yang ditampilkan.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini