Sukses

Bupati Bone Bolango Mundur, Kenapa?

Surat pengunduran dirinya sudah diajukan sejak awal Juli 2023, ke Kementerian Dalam Negeri dan DPRD Bonebol

Liputan6.com, Gorontalo - Terdengar kabar jika Bupati Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) Hamim Pou mundur dari jabatanya setelah dua periode memimpin daerah di ujung timur Gorontalo itu. Hal itu seiring adanya isu dirinya maju di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Terinformasi, jika Hamim mendaftar bakal calon anggota legislatif (Caleg) melalui daerah pemilihan (Dapil) Sulut. Dirinya memilih maju di sulut karena pemintah Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh.

Padahal, sisa jabatan Bupati Bonebol itu, masih tersisa sekitar 20 bulan atau setahun lebih. Surat pengunduran dirinya sudah diajukan sejak awal Juli 2023, ke Kementerian Dalam Negeri dan DPRD Bonebol.

Informasi itu dibenarkan langsung oleh Hamim Pou, menurutnya jika pengunduran diri tersebut benar adanya. Surat pengunduran diri tersebut sudah dikirimkam sejak 3 pekan lalu.

"Partama saya minta maaf dan izin pamit kepada seluruh masyarakat Bone Bolango. Untuk surat pengunduran diri itu benar," kata Hamim.

Sebagai warga negara yang baik, dirinya sudah memikirkan segala bentuk resiko yang akan terjadi. Meskipun harus merelakan jabatanya sebagai orang nomor satu di Bone Bolango.

"Karena regulasinya seperti itu, maka saya ikut aturan. Resmi berhenti jadi beupati setelah daftar calon tetap resmi keluar," ujarnya.

Lepas Ketua DPW Nasdem Gorontalo

Menurut Hamim yang juga Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem Provinsi Gorontalo tersebut, bahwa dirinya maju sebagai calon anggota DPR RI dari Sulut tersebut, atas perintah partai.

"Kakak Surya Paloh sendiri yang minta saya untuk maju di Dapil Sulut," kata Hamim.

Meski begitu, Ketua DPW Nasdem Gorontalo itu mengaku, jika maju di Sulut adalah hal yang tidak mudah. Untuk itu, dirinya akan terus fokus dengan perintah Surya Paloh.

"Saya yakin, maju disulut adalah hal yang tidak mudah. Jadi saya harus fokus," ujarnya.

Atas perintah ketua umum tersebut kata Hamim, dirinya juga melepas jabatan Ketua DPW Nasdem Gorontalo. Bahkan, jika memang termasuk dalam daftar calon tetap (DCT) KPU, maka dirinya harus melepas jabatannya sebagai Bupati Bonebol.

Sedangkan yang akan menggantikan dirinya sebagai Ketua DPW Partai Nasdem Gorontalo, dikabarkan yakni Rachmat Gobel yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.