Sukses

Fenomena Langka Hujan Salju di Mimika Papua, Begini Penjelasan BMKG

Video singkat hujan salju lebat turun di Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, bikin heboh media sosial.

Liputan6.com, Mimika - Video hujan salju lebat turun di Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, bikin heboh media sosial. Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura mengatakan, hujan salju di Mimika merupakan fenomena langka di wilayah tropis. Salju turun sebagai imbas dari musim penghujan yang saat ini terjadi di wilayah tersebut.

Prakirawan Cuaca BBMKG Jayapura Septiana Monicasari, di Jayapura, Rabu (26/7/2023) mengatakan, musim penghujan diperkirakan hingga Agustus 2023, sehingga potensi terbentuknya awan-awan hujan juga meningkat.

"Salju merupakan partikel-partikel es kecil dalam awan yang menyatu membentuk kristal es dan saat ukurannya semakin besar jatuh ke permukaan tanah. Kristal es di awan, dapat terbentuk jika suhu atmosfer berada di bawah titik beku 0 derajat Celsius dan secara umum kristal es dapat jatuh ke permukaan bumi dalam bentuk salju apabila suhu di sekitar permukaan tanah kurang dari 5 derajat Celsius," katanya.

Kondisi udara yang sangat lembab juga menjadi faktor pembentuk salju, awan yang umumnya dapat menurunkan salju adalah awan Nimbostratus, sejenis awan rendah yang cukup tebal dan memiliki bentuk menyebar seperti kabut tebal dan berwarna kelabu.

Serupa dengan awan Cumulonimbus, awan Nimbostratus juga merupakan jenis awan pembawa hujan. Mamun hujan yang diakibatkan oleh awan ini biasanya berdurasi lama dengan intensitas yang tidak terlalu lebat.

"Hal itu berbeda dengan awan Cumulonimbus yang dapat mengakibatkan hujan sangat lebat dan juga hujan es (hail)," katanya.

Sementara Tembagapura merupakan wilayah yang cukup tinggi, kata dia, kurang lebih 2.500 Mdpl sehingga suhu udara di wilayah tersebut cukup dingin karena semakin tinggi suatu tempat, suhu udara juga akan semakin turun, begitu pula dengan tekanan atmosfernya.

"Karena itulah mengapa di wilayah Tembagapura terbentuk salju dan juga hujan es," kata Septiana Monicasari.

Sementara itu, Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra mengatakan, fenomena turunnya salju pada 24 Juli 2023 hanya beberapa jam saja. Tembagapura, Kabupaten Mimika sendiri merupakan wilayah operasional PT Freeport Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini