Sukses

Status Gunung Lokon Naik dari Waspada Jadi Siaga

Status Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut), meningkat dari Waspada menjadi Siaga.

Liputan6.com, Tomohon - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menaikkan status Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) dari Waspada menjadi Siaga.

"Tingkat aktivitas Gunung Lokon dinaikkan dari Level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga) mulai tanggal 17 Juli 2023 pukul 18:00 Wita," sebut Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Sugeng Mujiyanto dalam laporan peningkatan aktivitas Gunung Lokon yang dibagikan Kepala Pos PGA Lokon, Farid R Bina, di Tomohon, Senin malam (17/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbauan ke Warga

Sekitar sebulan lalu, jalur pendakian Gunung Lokon di Kota Tomohon, Provinsi Sulut, juga ditutup sementara menyusul peningkatan aktivitas vulkanik gunung berapi tersebut.

Kepala Bidang Kebencanaan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tomohon Melky Wanget mengatakan, spanduk berisi informasi mengenai penutupan sementara jalur pendakian sudah dipasang di pintu masuk jalur menuju kawah Tompaluan ataupun puncak Gunung Lokon.

 "Dengan pemasangan spanduk itu diharapkan imbauan ini diperhatikan warga untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," kata Melky, Selasa (20/6/2023).

Dia mengatakan, menurut informasi dari Pos Pengamatan Gunung Api, aktivitas kegempaan di Gunung Lokon meningkat dan asap membubung dari kawah Tompaluan.

 

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi telah mengimbau warga tidak melakukan aktivitas di sekitar kawah Tompaluan di Gunung Lokon.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini