Sukses

Staycation Jadi Alternatif Mengisi Waktu Liburan Bersama Keluarga agar Lebih Bermakna

Staycation merupakan istilah lain yang menggambarkan liburan di tempat tinggal sendiri atau di daerah sekitar

Liputan6.com, Jakarta - Liburan merupakan cara bijak seseorang maupun keluarga untuk meluangkan waktu melepas lelah dari padatnya aktivitas. 

Namun, kadang keterbatasan waktu, anggaran, atau perjalanan dapat menghambat rencana liburan yang ideal. Dalam situasi seperti ini, staycation bersama keluarga menjadi alternatif menarik. 

Staycation merupakan istilah lain yang menggambarkan liburan di tempat tinggal sendiri atau di daerah sekitar tanpa harus melakukan perjalanan jauh. Namun, ada juga yang mengartikan sebagai liburan yang dilakukan dengan cara tinggal atau menetap di suatu tempat.

Sejumlah rekomendasi tempat staycation dapat Anda lakukan bersama keluarga mengisi waktu liburan.‌ Salah satu cara yang sederhana dan menyenangkan untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga adalah dengan melakukan piknik di taman atau area rekreasi lokal. 

Anda dapat membawa bekal makanan favorit keluarga, permainan outdoor, dan tikar piknik. Nikmati waktu bersantai, bermain bersama anak-anak, dan menikmati alam sekitar. 

Aktivitas seperti bersepeda, berjalan-jalan, atau bermain bola juga bisa menjadi pilihan yang seru. ‌Jika Anda ingin merasakan atmosfer liburan yang lebih mewah, menginap di hotel atau resor lokal bisa menjadi pilihan yang menarik. 

Pilihlah akomodasi yang menyediakan fasilitas keluarga, seperti kolam renang, taman bermain, atau klub anak-anak. Manfaatkan waktu bersama untuk menikmati fasilitas tersebut dan menciptakan momen-momen berharga bersama keluarga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilihan Staycation

Anda mungkin tidak menyadari bahwa ada sejumlah tempat wisata menarik di sekitar tempat tinggal yang belum pernah dikunjungi. Manfaatkan waktu liburan untuk menjelajahi tempat-tempat tersebut. 

Cari tahu tempat wisata lokal, seperti museum, taman hiburan, atau tempat bersejarah. Ajak keluarga untuk melakukan petualangan bersama dan mengeksplorasi daya tarik di sekitar Anda.

‌Staycation juga bisa menjadi kesempatan untuk melibatkan seluruh keluarga dalam kegiatan kreatif di rumah. Anda bisa mengadakan sesi masak bersama, membuat kerajinan tangan, atau menggelar mini konser keluarga. 

Ini adalah waktu yang sempurna untuk berbagi minat dan bakat masing-masing anggota keluarga serta mempererat hubungan emosional di antara semua orang. ‌

Bagi keluarga yang menyukai dunia hiburan di dalam rumah, staycation adalah waktu yang tepat untuk menonton film atau membaca buku bersama. 

Pilih film yang disukai oleh seluruh keluarga atau cari buku dengan cerita yang menarik untuk dibaca secara bersama-sama. Diskusikan cerita yang ditampilkan atau membaca buku secara bergantian untuk menambah keseruan dan meningkatkan ikatan keluarga.

Staycation adalah alternatif menarik untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga tanpa harus melakukan perjalanan jauh. Piknik di taman, menginap di hotel lokal, menjelajahi tempat wisata terdekat, kegiatan kreatif di rumah, dan menonton film atau membaca buku bersama adalah beberapa pilihan staycation yang dapat Anda coba. 

Selain menyenangkan, staycation juga dapat mempererat hubungan keluarga dan menciptakan momen-momen berharga yang tak terlupakan.

 

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini