Sukses

Agar Efisien, Wali Kota Samarinda Berencana Alihkan Rekening Pemkot ke Bank Lain

Wali Kota Samarinda Andi Harun mewacanakan untuk mengalihkan rekening Pemerintah Kota (Pemkot) dari Bankaltimtara ke bank lain.

Liputan6.com, Samarinda - Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), Wali Kota Samarinda Andi Harun mewacanakan untuk mengalihkan rekening Pemerintah Kota (Pemkot) dari Bankaltimtara ke bank lain. Wacana tersebut ia ungkapkan seusai menghadiri rapat Paripurna di DPRD Kota Samarinda, Selasa (20/6/2023).

“Ya, saat ini Pemkot sedang mempertimbangkan untuk memindahkan rekening kas umum daerah (RKUD) dari Bank Kaltimtara dengan bank umum pemerintah yang lain,” beber Andi.

Bank selain Bankaltimtara menjadi opsi wali kota sebab dianggap menyediakan keuntungan lebih. Satu di antaranya adalah suku bunga yang lebih besar.

“Konteksnya adalah pasti kita akan memanfaatkan dan memilih mana yang dapat memberikan nilai atau keuntungan lebih tinggi,” paparnya.

Namun demikian, Andi menegaskan, rencana tersebut belum final. Akan tetapi sambungnya, jika Bankaltimtara dapat memenuhi layanan seperti bank umum milik pemerintah lainnya, maka rekening (kas daerah) Pemkot akan tetap disimpan di sana.

Pemerintah dalam waktu dekat segera membahas teknis pemindahan rekening, kajian lebih lanjut mengenai pengalihan dana APBD tersebut.

“Saya sudah minta kepada BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah) beserta Asisten untuk bahas teknis lebih lanjut dan memastikan langkah-langkahnya sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tandas Andi Harun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.