Sukses

Ini Cara Masyarakat Sukoharjo Jaga Eksistensi Budaya serta Kearifan Lokal

Minat menjaga budaya kearifan lokal di Sukoharjo masih tinggi, hal itu dibuktikan dengan adanya keikutsertaan masyarakat dalam lomba budaya.

Liputan6.com, Sukoharjo - Guna membantu upaya pemerintah kabupaten dalam melestarikan budaya lokal, Polres Sukoharjo menggelar lomba kearifan lokal yang diadakan di Mapolres Sukoharjo. Jenis lomba yang dikompetisikan adalah permainan daerah, megending (menyanyi lagu Jawa), serta berbagai lomba lainnya.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Sigit mengatakan lomba kearifan lokal adalah salah satu upaya mengajak generasi muda menjaga dan melestarikan budaya lokal Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan itu juga masih dalam rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-77. 

Dirinya menjelaskan peserta lomba kearifan lokal itu diikuti oleh mayoritas anak milenial serta anak-anak dari 12 kecamatan yang berada di Kabupaten Sukoharjo.

"Mereka siap untuk memamerkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam berbagai aspek budaya tradisional. Kegiatan ini dalam rangkaian HUT Bhayangkara," kata Kapolres Sigit di Sukoharjo, Rabu (21/6/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diikuti Perwakilan Seluruh Kecamatan

Kapolres Sigit menjelaskan para peserta ditantang untuk menunjukkan kearifan lokal mereka dalam musik tradisional. Nampak, peserta dengan semangat menampilkan kemampuan mereka dengan menggunakan kostum dan alat musik tradisional yang khas.

Penampilan mereka menjadi sorotan dan mengundang tepuk tangan meriah dari penonton yang hadir. Dalam lomba itu akhirnya dimenangkan oleh peserta dari Kecamatan Polokarto, Nguter dan Sukoharjo.

"Lomba ini adalah untuk mengenalkan dan melestarikan kekayaan budaya lokal. Kami harap dengan kegiatan ini, kesadaran akan pentingnya menjaga warisan budaya dapat tumbuh dan terus dilestarikan," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.