Sukses

Resep dan Cara Praktis Membuat Martabak Teflon, Inspirasi Kuliner Kekinian

Martabak teflon lebih sehat karena menggunakan sedikit minyak atau minyak teflon yang non-stick sehingga berpengaruh kepada rasa yang enak.

Liputan6.com, Jakarta - Martabak merupakan salah satu makanan populer masyarakat Indonesia. Pada perkembangannya martabak memiliki banyak jenis dan varian rasa bahkan mudah dibuat sendiri di rumah.

Seperti martabak teflon yang mudah dan praktis dibuat tanpa menggunakan banyak minyak goreng dalam pembuatannya. Martabak teflon hanya membutuhkan sedikit minyak atau bahkan tidak menggunakan minyak sama sekali.

Hal ini membuatnya lebih mudah dan cepat dipersiapkan. Martabak teflon lebih sehat karena menggunakan sedikit minyak atau minyak teflon yang non-stick.

Minyak yang digunakan dalam jumlah lebih sedikit dapat mengurangi jumlah lemak yang masuk ke dalam martabak, sehingga lebih ramah bagi mereka yang memperhatikan asupan lemak dalam makanan. Martabak teflon memiliki tekstur yang lebih lembut dan renyah di bagian luar, sementara bagian dalamnya tetap lembut.

Hal ini menciptakan kontras tekstur yang nikmat saat menggigitnya. Selain itu, rasa dan aroma martabak teflon juga khas dan enak. Martabak teflon memiliki banyak varian rasa dan isian yang bisa dipilih sesuai dengan selera.

Anda dapat menggunakan berbagai jenis isian seperti cokelat, keju, kacang, daging, sayuran, atau kombinasi dari beberapa isian tersebut. Hal ini membuat martabak teflon menjadi makanan yang fleksibel dan bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing.

Berikut adalah resep cara membuat martabak teflon:

Bahan-bahan:

- 250 gram tepung terigu serbaguna

- 2 sendok makan gula pasir

- 1/2 sendok teh garam

- 1/2 sendok teh baking powder

- 300 ml air

- 2 sendok makan minyak sayur

Bahan Isian (sesuai selera)

- Daging sapi cincang

- Telur

- Daun bawang, iris halus

- Bawang merah, iris halus

- Bawang putih, cincang halus

- Lada bubuk

- Garam

- Kecap manis

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Membuat

Langkah-langkah:

1. Campurkan tepung terigu, gula pasir, garam, dan baking powder dalam sebuah wadah. Aduk rata menggunakan spatula atau sendok.

2. Tambahkan air secara bertahap sambil terus diaduk hingga adonan tercampur dengan baik dan tidak ada gumpalan. Pastikan adonan memiliki konsistensi yang cair, tetapi tidak terlalu encer. Jika terlalu kental, tambahkan sedikit air, dan jika terlalu encer, tambahkan sedikit tepung terigu.

3. Setelah adonan tercampur rata, tambahkan minyak sayur dan aduk kembali hingga tercampur merata.

4. Panaskan wajan teflon dengan api sedang. Pastikan wajan sudah benar-benar panas sebelum melanjutkan.

5. Tuang adonan martabak ke dalam wajan teflon yang sudah dipanaskan. Ratakan adonan dengan memutar wajan agar adonan menyebar merata.

6. Tunggu hingga bagian bawah martabak matang dan berwarna kecokelatan. Hal ini membutuhkan waktu sekitar 3-4 menit. Anda dapat memeriksa dengan menggunakan spatula.

7. Setelah bagian bawah matang, tambahkan isian sesuai selera di satu sisi martabak yang sudah matang. Anda dapat menggunakan daging sapi cincang, telur, daun bawang, bawang merah, bawang putih, lada bubuk, garam, dan kecap manis.

8. Lipat martabak menjadi dua, menutupi isian di dalamnya. Tekan dengan spatula untuk memastikan martabak menempel dengan baik.

9. Biarkan martabak terus memasak dengan api sedang hingga kedua sisi matang dan berwarna kecokelatan. Pastikan isian matang sempurna.

10. Angkat martabak teflon dari wajan dan letakkan di piring saji. Potong-potong menjadi beberapa bagian sesuai selera.

11. Martabak teflon siap disajikan. Anda dapat menambahkan topping seperti bawang goreng, saus sambal, atau acar sesuai selera.

 

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini