Sukses

Lagi, Dua Proper Emas Diraih Berau Coal dari Pemprov Kaltim

Pemerintah Provinsi Kalimatan Timur gelar penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) Daerah dan Berau Coal meraih dua peringkat tertinggi yakni emas.

Liputan6.com, Samarinda - Dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia Tahun 2023 Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menyerahkan penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) Daerah. Acara tersebut mengusung tema "Kurangi Polusi Sampah Plastik Untuk Bumi Yang Lebih Hijau" kemudian dirangkai dengan penyerahan penghargaan Proper dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Gubernur Kaltim Isran Noor, secara langsung di Grand Ballroom Hotel Mercure, Samarinda, pada Kamis, tanggal 15 Juni 2023 lalu. Gubernur Isran mengungkapkan, Kalimantan Timur memiliki peran penting dalam menjaga kelestarian lingkungan secara nasional maupun global.

PT Berau Coal, perusahaan tambang batu bara yang beroperasi di Kaltim, kembali raih penghargaan tertinggi. Perusahaan ini berhasil memperoleh peringkat Emas untuk Site Sambarata dan Lati serta peringkat Hijau untuk Site Binungan.

Gubernur Isran juga menyampaikan peringkat kinerja perusahaan di Kaltim terus mengalami peningkatan. Ini dilihat dari semakin banyak perusahaan yang memperoleh peringkat Emas.

Bahkan, perusahaan-perusahaan yang sebelumnya berada dalam kategori merah atau biru, kini naik peringkat menjadi hijau.

"Selamat pada penerima proper, ini menjadi referensi dan rujukan apa yang harus ditingkatkan," ungkapnya.

Gubernur Isran berharap bahwa upaya yang dilakukan ini dapat memberikan manfaat yang besar, terutama bagi lingkungan di Kaltim.

“Semoga apa yang dilakukan ini tentu membawa manfaat bagi semua terutama bagi lingkungan, secara khusus lingkungan yang ada di kaltim,” jelas Gubernur Isran.

Dalam acara tersebut, penghargaan Proper diterima oleh manajemen PT Berau Coal, yaitu Senior Manager Environment, Mine Closure & DAS Rehabilitation Apribowo Rossiyanto, Lati Mine Operation Manager Rahmantha Purba Anggana, dan Sambarata Mine Operation Manager, Nanang NC.

Apribowo menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan yang berhasil diraih oleh perusahaan dengan peringkat 2 Emas dan 1 Hijau. Apribowo mengakui pencapaian ini adalah wujud konsistensi perusahaan dalam melampaui standar persyaratan baik (beyond compliance) yang ditetapkan dalam pengelolaan lingkungan hidup, serta program inovasi sosial yang mendorong kemandirian masyarakat di sekitar wilayah operasional PT Berau Coal.

"Penghargaan ini menjadi motivasi kami untuk terus menjalankan operasional pertambangan yang ramah lingkungan, serta efisien dalam penggunaan energi. PT Berau Coal juga konsisten dalam melaksanakan program-program pemberdayaan yang memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi masyarakat," jelas Apribowo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini