Sukses

Ini Ciri-ciri Network Marketing yang Mumpuni

Network marketing merupakan salah satu metode pemasaran produk dengan sistem keanggotaan secara berjenjang.

Liputan6.com, Jakarta - Network marketing merupakan salah satu metode pemasaran produk dengan sistem keanggotaan secara berjenjang. Umumnya metode ini membutuhkan sales representative untuk memperkenalkan dan menawarkan produk dari suatu perusahaan. 

Nah, ada beberapa indikator sebagai penilaian level implementasi network marketing oleh perusahaan atau individu. Salah satunya, keberadaan sistem pendidikan khusus yang ditujukan untuk para distributor.

Menurut Network Marketing Coach sekaligus Sales and Closing Expert Indra Jaya Purba, keberadaan sistem pendidikan tersebut akan membuat para individu tenaga pemasaran tidak hanya andal dalam urusan penjualan atau sales. Kinerja mereka pun sudah seharusnya didukung oleh support system yang sesuai.

Indra mencontohkan sebuah perusahaan network marketing bagus dan punya tenaga pemasar yang baik, harus memiliki support system yang bagus. Sebab jika tidak, maka perusahaan tersebut akan susah untuk bertahan lama.

Support system yang bagus, memungkinkan para tenaga pemasaran untuk terus berkembang,” ujar Indra melalui keterangan pers, Senin (5/6/2023). 

Menurut Indra, sebuah perusahaan dengan penerapan network marketing akan mampu eksis bila memiliki support system yang bagus.  “Selanjutnya, yang tak kalah penting, adalah produk dari perusahaan itu,” kata Indra.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Era Digital

Ketika disinggung mengenai keberadaan media sosial dalam era digitalisasi saat ini, Indra berujar bahwa kehadiran platform tersebut sangat menguntungkan para pelaku network marketing. Pasalnya, media sosial menjadi alat untuk mengenal banyak orang secara cepat dan efisien. 

“Namun, untuk itu, tentu harus melalui strategi dan cara yang tepat,” kata Indra.

Indra mengatakan, pemasaran digital atau secara mouth to mouth, bisa sangat kuat dalam penerapan strategi network marketing. Dalam hal ini, pemasaran digital membuat jangkauannya lebih luas.

“Sementara itu, pemasaran mouth to mouth membuat adanya sentuhan personal yang lebih mantap. Kemudian, trust yang didapatkan, lebih bagus bila melalui pertemuan langsung,” katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.