Sukses

Penyimpanan Memori SmartPhone Penuh, Ini Jenis Cloud yang Bisa Dipilih untuk Simpan Data di Awan

Cloud ini bisa diandalkan untuk membantu mengurangi penuhnya data yang ada pada penyimpanan internal.

Liputan6.com, Yogyakarta - Perkembangan dunia telekomunikasi kian hari kian maju. Akhir-akhir ini pengguna smartphone berlomba mencari handphone dengan kapasitas storage atau penyimpanan internal yang besar. Mereka menyakini dengan kapasitas penyimpanan yang besar, akan lebih leluasa menyimpan berbagai file atau data yang ada.

Namun, bagaimana bagi kita yang memiliki finansial terbatas sehingga belum mempunyai smartphone dengan kapasitas penyimpanan internal yang besar? Penyimpanan awan atau cloud, akan menjawab persoalan itu. Apalagi bila kita menggunakan versi yang berbayar.

Cloud ini bisa diandalkan untuk membantu mengurangi penuhnya data yang ada pada penyimpanan internal. Selain itu, cadangan data di cloud bisa menjadi langkah antisipatif ketika smartphone rusak atau hilang.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa penyimpanan awan atau cloud yang populer.

1. Google Drive

Google Drive adalah salah satu penyedia penyimpanan awan terbesar dan populer di kalangan pengguna smartphone.  Google Deive, menawarkan ruang penyimpanan gratis sebesar 15 GB kepada penggunanya. Kita dapat menyimpan berbagai jenis file, termasuk dokumen, foto, video, dan lainnya, serta mengaksesnya melalui aplikasi Google Drive di perangkat  kita.

2. Dropbox

Dropbox menyediakan ruang penyimpanan gratis sebesar 2 GB kepada pengguna. Namun jika kita berhasil mengundang pengguna baru, kita bisa meningkatkan kapasitas penyimpanan yang kita miliki sebelumnya dengan gratis

3. Microsoft OneDrive

Microsoft OneDrive menawarkan ruang penyimpanan awan gratis sebesar 5 GB. Layanan ini terintegrasi dengan produk dari  Microsoft lainnya, seperti Office Online, sehingga memudahkan kolaborasi dan akses ke file-file yang kita miliki.

4. Apple iCloud

Jika kita menggunakan perangkat Apple, kita bisa memanfaatkan layanan iCloud ini dengan penyimpanan awan gratis sebesar 5 GB. iCloud dapat memungkinkan sinkronisasi data di antara perangkat Apple yang berbeda.

5. Amazon Drive

Amazon Drive memberikan 5 GB ruang penyimpanan awan gratis kepada pengguna. Selain itu, jika kita menjadi pelanggan Amazon Prime, kita akan mendapatkan ruang penyimpanan tambahan untuk foto dan video tanpa batas.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Versi Berbayar

Jika kita menginginkan versi berbayar atau berlangganan, berikut gambaran kocek yang harus kita rogoh untuk mendapatkan fasilitas yang ada.

1. Google Drive

Google Drive menawarkan beberapa opsi langganan yang mencakup ruang penyimpanan tambahan. Misalnya, dengan berlangganan Google One mulai dari sekitar $1,99 per bulan untuk 100 GB, $2,99 per bulan untuk 200 GB, dan $9,99 per bulan untuk 2 TB. Terdapat juga paket dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, seperti 10 TB, 20 TB, dan 30 TB, dengan harga yang pastinya lebih tinggi.

2. Dropbox

Dropbox Plus adalah langganan berbayar yang ditawarkan oleh Dropbox. Harganya sekitar $9,99 per bulan atau $99 per tahun, dan memberikan 2 TB ruang penyimpanan tambahan.

3. Microsoft OneDrive

Microsoft menawarkan berbagai paket langganan yang mencakup Office 365 dan ruang penyimpanan tambahan di OneDrive. Harganyapun  bervariasi tergantung pada paket yang akan kita pilih. Sebagai contoh, langganan Microsoft 365 Personal sekira $69,99 per tahun dan memberikan 1 TB ruang penyimpanan di OneDrive.

4. Apple iCloud

Apple menawarkan beberapa paket langganan iCloud. Sebagai contoh, langganan iCloud+ dimulai dari $0,99 per bulan untuk 50 GB, $2,99 per bulan untuk 200 GB, dan $9,99 per bulan untuk 2 TB. Beberapa paket langganan juga mencakup fitur tambahan, seperti perlindungan prvasi iCloud.

5. Amazon Drive

Amazon Drive memiliki Amazon Photos yang menyediakan penyimpanan foto dan video tanpa batas sebagai bagian dari langganan Amazon Prime. Amazon Prime memiliki biaya tahunan sekira $119 dan memberikan manfaat tambahan, seperti pengiriman gratis dan akses ke konten hiburan.

 

Penulis: Hermanto Asrori

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.