Sukses

Kabar Gembira, Rute Kereta Api Bandara Kualanamu Diperpanjang hingga Binjai Mulai Desember 2023

Kabar gembira. Rute Kereta Api Bandara Medan bakal diperpanjang. Jika sebelumnya hanya dari Bandara Kulanamu ke Stasiun Medan, mulai Desember 2023 diperpanjang hingga Stasiun Binjai.

Liputan6.com, Binjai Kabar gembira. Rute Kereta Api Bandara Medan bakal diperpanjang. Jika sebelumnya hanya dari Bandara Kualanamu ke Stasiun Medan, mulai Desember 2023 diperpanjang hingga Stasiun Binjai.

Hal itu dikatakan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, saat mengunjungi Stasiun Binjai di Kota Binjai, Sumatera Utara (Sumut) pada Selasa, 16 Mei 2023.

"Pada Desember 2023 dilakukan perpanjangan perjalanan KA Bandara Kualanamu sampai dengan Binjai, sehingga masyarakat Binjai bisa langsung melakukan perjalanan menggunakan KA Bandara menuju Stasiun Bandara Kualanamu atau sebaliknya," kata Menhub Budi.

Saat ini, kereta bandara dari Bandara Kualanamu, Deli Serdang, sudah beroperasi hingga Stasiun Medan. Dengan diperpanjang hingga Stasiun Binjai, maka akan ada penambahan perjalanan sepanjang 23 Km.

Menhub Budi juga mengatakan, akan terus meningkatkan headway atau waktu tunggu antarkereta bandara 15 menit sekali.

"Kami ingin memberikan kesempatan saudara kita yang di Binjai bisa langsung ke Bandara menggunakan kereta. Insyaallah bisa kita laksanakan di bulan Desember ini," ujar Menhub Budi.

"Kita ingin memastikan fasilitas angkutan massal komuter di Kota Medan dan sekitarnya ada peningkatan agar penggunanya juga semakin meningkat dan memberikan kemudahan bermobilitas masyarakat di Medan dan sekitarnya," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dorong Transportasi Massal

Selain kereta bandara, untuk mendorong transportasi massal perkotaan, Menhub mengatakan, ke depan akan dioperasikan pula kereta api dari Stasiun Binjai–Stasiun Besitang hingga Stasiun Sei Sirah sepanjang 88,55 Km.

Kereta tersebut akan melewati sembilan stasiun antara lain Stasiun Binjai, Kuala Bingai, Stabat, Tanjung Selamat, Tanjung Pura, Gebat, Pangkalan Brandan, Besitang, juga Sei Sirah, dengan total waktu tempuh kurang lebih 2 jam 38 menit serta kapasitas lintasan 65 kereta dan 530 orang per hari.

Kunjungan Menhub dan rombongan dibuka dengan mengunjungi Stasiun Binjai didampingi Direktur Jendral Perkeretaapian (Dirjenka), Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Medan, Kepala Divisi Regional I (Kadivre I) Medan beserta seluruh jajaran.

Pada pukul 08.55 WIB, Budi Karya Sumadi beserta jajaran berangkat dari Stasiun Binjai menuju Stasiun Medan. Ketibaan Menhub RI beserta jajaran disambut Direktur Utama PT Railink (KAI Bandara) beserta Manajer Cabang Medan, serta rombongan dari SD IT Alhafizihi sebanyak 100 peserta yang sedang melaksanakan program Eduwisata.

3 dari 3 halaman

Menuju Bandara Kualanamu

Selanjutnya, Menhub Budi bersama Dirjenka, Kepala BTP Medan, Kadivre I Medan, dan Direktur Utama PT Railink beserta jajaran menuju ke Bandara Kualanamu pada pukul 09.55 WIB dengan menggunakan kereta api.

Ketibaan di Bandara Kualanamu disambut Kepala Stasiun Bandara Kualanamu. Kegiatan kunjungan dilanjutkan di VIP Lounge Bandara Kualanamu, dengan tetap didampingi Direktur Utama PT Railink.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.