Sukses

Rawan Konflik, Ratusan Brimob Polda Jabar Amankan Pilkades Serentak Garut 2023

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Garut 2023 digelar hari ini, Senin (15/5/2023).

Liputan6.com, Garut - Ratusan petugas gabungan Brimob Polda Jabar dikerahkan dalam pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Garut 2023 yang berlangsung hari ini, Senin (15/5/2023).

“Kami memiliki Brimob sekitar 150 dari Polda Jabar dan 50 Brimob dari sini (Kompi C Garut), Tim Sancang, kurang lebih (siap) 220,” ujar Kapolres Garut AKBP Rio Wahyu Anggoro, selepas apel gabungan pengamanan Pilkades, kemarin.

Pola pengamanan pilkades serentak Garut 2023 telah dilakukan dengan baik. Lembaganya mencatat ada sekitar 31 desa kategori rawan yang berada di wilayah Garut Utara, Tengah dan Garut Selatan selama Pilkades berlangsung.

“Kita siap menyebarkan (Brimob) ke titik-titik rawan tersebut,” kata dia.

Lembaganya, ujar Rio, tak akan segan-segan menerapkan aturan tegas terukur bagi para oknum yang berpotensi menghadirkan ancaman kamtibmas dan berpotensi mengganggu kondusifitas masyarakat desa.

“Mengganggu keamanannya seperti apa nanti akan kami lihat, apa yang harus saya lalukan nanti akan saya buktikan,” ujar dia menegaskan.

Dalam pelaksanaannya, Rio bersama pejabat polres Garut terkait, turut serta mengamankan seluruh tempat pemungutan suara (TPS) yang berjumlah 760 titik.

“Saya sendiri menjaga di TPS Cimareme, Wakapolres di Desa Sukajadi, Lalu kabag Ops di Mekarsari Cibalong, ini merupakan perhatian kami semua untuk tercapainya Pilkades yang aman dan nyaman,” kata dia.

Untuk menghadirkan pilkades berkuaitas, Rio mengajak seluruh calon Kades yang akan berlomba memperebutkan kursi satu desa, berlomba dengan baik secara demokratis.

“Tolong kompetisilah yang baik, jangan melakukan hal-hal yang bila menang melakukan euforia yang berlebihan yang bila kalah tidak menerima,” ujar dia mengingatkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.