Sukses

Jepretan Foto Pantai Sayang Heulang Garut Masuk Platform Foto Dunia

Keindahan alam Garut sudah sejak lama diakui kalangan pecinta fotografi, terutama komunitas Indonesia Geographic (IGEO) Photography Community.

Liputan6.com, Garut - Keindahan foto Pantai Sayang Heulang, Cikelet, Garut, Jawa Barat sukses nangkring menjadi salah satu Photo of The Year (POTY) di ajang Photo World International, yang berbasis di Iran.

Keindahan alam Pantai Sayang Heulang hasil jepretan fotografer Andreas Suwardy, asal Garut itu membuat siapapun betah berlama-lama memandangnya.

“Puji Tuhan foto pantai Sayang Heulang bisa masuk di beberapa platform sebagai Photo of the Day, Photo of the Week dan Photo of the Month,” ujar Koh Andre, panggilan akrab Andreas di kalangan fotografer Garut, kemarin.

Menurutnya, hasil jepretan foto pantai Sayang Heulang itu diambil menggunakan Kamera Fujifilm X-H1 dengan lensa Fujinon XF 10-24mm dan NiSI Filter, menggunakan tripod untuk mengabil exposure selama 1 detik.

“Kami sengaja pakai tripod untuk menghasilkan efek air laut yang nampak unik di fotonya, tidak terlalu halus seperti kapas tapi masih memperlihatkan arusnya,” kata dia.

Tidak hanya itu, settingan foto sengaja menggunakan ISO 100, bukaan Diafragma 11, dengan shutter speed 1 detik. “Saya kombinasikan dengan penggunaan 3 NiSI Filter yaitu Filter CPL, Filter GND Soft, dan Filter GND Reverse 0,9,” papar dia.

Walhasil, hasil jepretan pun nampak terlihat ciamik, menggambarkan keindahan salah satu pantai Garut selatan secara utuh lewat bingkai kamera.

“Kami bersaing dengan peserta dari seluruh dunia, dan sangat sulit untuk menembus kategori Photo of The Year ini,” ujar dia bangga.

Melihat potensi itu, ia kemudian mengikutkan hasil jepretan pribadinya ke salah satu ajang fotografi dunia yang berbasis di Iran tersebut.

Koh Andre mengaku, keindahan alam Garut sudah sejak lama diakui kalangan pecinta fotografi, terutama komunitas Indonesia Geographic (IGEO) Photography Community.

“Mereka telah memotret beberapa pantai Kabupaten Garut mulai dari Pantai Sayang Heulang, Santolo, Karangtepas, hingga Cicalobak,” kata dia.

Untuk mengenalkan Garut lebih luas, Koh Andre mengajak para fotografer profesional datang untuk menjajal dan mengabadikan panorama keindahan alam Garut lewat jepretan kamera.

“Potensi panorama alam Garut termasuk tempat terlengkap buat pecinta keindahan alam,” kata dia.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.