Sukses

Cek 6 Jalur Alternatif untuk Keluar dan Masuk DIY Beserta Kondisinya

Setidaknya, ada 6 jalur alternatif keluar masuk Yogyakarta yang dapat menjadi pilihan pemudik.

Liputan6.com, Yogyakarta - Jelang Hari Raya Idul Fitri 2023 puncak arus mudik Lebaran sudah di depan mata. Bahkan, sebagian besar pemudik sudah mulai menuju berbagai daerah di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Agar terhindar dari macet saat hendak menuju maupun keluar Yogyakarta, para pemudik dapat menggunakan berbagai rute jalur alternatif. Setidaknya, ada 6 jalur alternatif keluar masuk Yogyakarta yang dapat menjadi pilihan pemudik.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa jalur alternatif Yogyakarta dengan berbagai kondisinya.

1. Jalur Alternatif Yogyakarta-Kulonprogo

Jalur alternatif pertama yakni, jalur Sentolo-Nanggulan-Moyudan-Minggir-Yogyakarta yang memiliki jalur panjang dan sempit. Tingkat kerawanan jalur yang ini yaitu kurangnya penerangan, adanya pasar tumpah, jalur sempit dan jalur padat pemukiman.

2. Jalur Alternatif Yogyakarta-Magelang

Jalur alternatif kedua yakni, jalur Klangon-Nanggulan-Ngeplang-Kalibawang-Muntilan-Magelang dengan karakteristik jalur panjang termasuk jalan nasional tetapi relatif sempit. Adapun kerawanannya antara lain kurangnya penerangan jalan, adanya pasar tumpah dan jalan relatif sempit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalur Alternatif Yogyakarta-Kulon Progo

3. Jalur Alternatif Yogyakarta-Kulon Progo

Jalur alternatif ketiga yakni, jalur Wates-Panjatan-Brosot-Srandakan-Parangtritis-Ring Road-Jogja dengan kerawanan arus lalu lintas padat, tidak terdapat pembatas jalan, pasar tumpah, jalan berkelok, jalur padat pemukiman dan kurang penerangan.

4. Jalur Alternatif Yogyakarta-Gunungkidul

Jalur alternatif keempat yakni, Jogja-Pleret-Imogiri-Panggang-Playen-Wonosari dikenal dengan padat arus lalu lintas, tidak ada pembatas jalan, pasar tumpah, kurang lampu penerangan dan jalan banyak berkelok.

5. Jalur Alternatif Kulonprogo-Prambanan

Jalur alternatif kelima yakni, jalur Sedayu-Pajangan-Pandak-Bantul-Ring Road Selatan-Piyungan-Prambanan dengan bentuk kerawanan antara lain tidak terdapat pembatas jalan, berada di wilayah pemukiman serta minim penerangan.

6. Jalur Alternatif Yogyakarta-Klaten

Jalur alternatif keenam yakni, yaitu Tempel-Turi-Pakem-Ngemplak-Kalasan-Prambanan-Klaten dengan bentuk kerawanan jalan berkelok tanpa pembatasan jalan dan minim penerangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini