Sukses

Transformasi BUMN Industri Pertambangan, Hadiah 25 Tahun Kementerian Badan Usaha Milik Negara

Melihat 25 tahun kehadiran Kementerian BUMN, berbagai terobosan dan transformasi banyak terlihat, demikian juga di sektor pertambangan.

 

Liputan6.com, Jakarta - Bulan April tahun ini memiliki makna yang khusus untuk Kementerian BUMN, selain karena usianya menginjak 25 tahun, juga bersamaan dengan Bulan Suci Ramadan 1444 H. Perayaan sebagai wujud syukur tidak hanya digelar dalam bentuk selebrasi semata, namun memastikan bahwa hadirnya BUMN mampu memberi nilai tambah bagi warga sekitar operasional perusahaan.

Melihat 25 tahun kehadiran Kementerian BUMN, berbagai terobosan dan transformasi banyak terlihat, demikian juga di sektor pertambangan. Demi menjalankan mandatnya sesuai dengan Pasal 33 UUD 1945, dimana Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, maka BUMN membentuk satu Holding Industri Pertambangan.

Holding tersebut Bernama PT Mineral Industri Indonesia (Persero) atau lebih dikenal dengan MIND ID yang pada bulan Maret lalu telah disahkan oleh pemerintah melalui Kementerian BUMN. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo, dan program transformasi BUMN yang lebih ramping.

Selain itu, tujuan hadirnya Holding BUMN Pertambangan ini, agar lebih memaksimalkan dan mensinergikan seluruh BUMN Tambang yang ada di Indonesia. Sehingga tumbuhnya kolaborasi antara PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum, PT Timah Tbk sebagai anggota dari Holding Industri Pertambangan ini lebih mudah terwujud, dan manfaatnya lebih bisa dimaksimalkan untuk bangsa Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cadangan Minerba Indonesia

Corporate Secretary MIND ID Heri Yusuf mengungkapkan bahwa hadirnya Holding Industri Pertambangan ini memiliki tugas untuk menguasai cadangan minerba di Indonesia, mendorong pertumbuhan bisnis Hilirisasi dan menjadi pemain global. “Hadirnya MIND ID, sebagai Strategic Holding Industri Pertambangan selain memastikan sinergi dan kolaborasi di setiap rantai bisnis antar Anggota Grup MIND ID, juga diharapkan dapat fokus mengembangkan bisnis Hilirisasi,” ujar Heri melalui siaran pers, Kamis (20/4/2023).

MIND ID selain mendorong setiap anggotanya fokus dan mempercepat program Hilirisasi yang diyakini mampu melipatgandakan pemasukan negara melalui Pertambahan Nilainya, juga memastikan setiap proses operasional tambang mengedepankan keberlanjutan melalui circular economy. MIND ID mengajak setiap anggota untuk dapat memberdayakan masyarakat lokal untuk bisa terlibat berkontribusi dalam rantai bisnis Perusahaan.

Selain itu, menjaga lingkungan dan mendukung energy transisi demi mensukseskan program Net Zero emissions juga menjadi arahan Holding ke setiap anggotanya. Selain program penghijauan dan reklamasi lahan bekas tambang, MIND ID juga terus mendorong terwujudnya aselerasi ekosistem electric vehicle di Indonesia. Hal ini terbukti dikerjakan dengan hadirnya Indonesia Battery Company (IBC).

Transformasi yang di alami di sektor Industri Pertambangan ini menjadi bukti nyata transfromasi BUMN yang telah hadir nyata selama 25 tahun di Indonesia. Tambang untuk Peradaban, Menggerakkan Indonesia Maju.

“Kami Segenap Jajaran Direksi dan Karyawan MIND ID mengucapkan Selamat Ulang Tahun untuk Kementerian BUMN yang ke-25. Terus menjadi pelopor perubahan, berkontribusi nyata dan jangan berhenti Menggerakan Indonesia untuk terus Maju,” tutup Heri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.