Sukses

Viral Penumpang Lion Air Rute Makassar-Balikpapan Kegerahan karena AC Pesawat Mati

Penerbangan tersebut pun akhirnya ditunda lantaran menunggu pesawat tersebut diperbaiki sistem pendingin udaranya.

Liputan6.com, Makassar - Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-627 rute Makassar-Balikpapan terpaksa harus menunda keberangkatannya lantaran terjadi kerusakan pada sistem pendingin udara di dalam pesawat. Pesawat jenis Boeing 737-800NG itu sedianya berangkat pada Rabu (19/4/2023) pukul 08.45 Wita.

Kejadian tersebut pun viral di berbagai platform media sosial. Sejumlah penumpang yang telah naik ke atas pesawat terpaksa diminta turun kembali setelah mereka mengeluh karena merasakan gerah lantaran AC pesawat mati .

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, membenarkan ihwal kejadian tersebut. Lion Air Group pun menyampaikan permohonan maaf atas kejadian itu.

"Lion Air menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh para penumpang penerbangan nomor JT-672 dengan jadwal keberangkatan 08.45 WITA rute Makassar (UPG) ke Balikpapan (BPN) pada Rabu (19/ 04) karena adanya kendala pada sistem pendingin udara di pesawat," kata Mandala dalam keterangannya yang diterima Liputan6.com, Kamis (20/4/2023).

Mandala menjelaskan kejadian itu bermula ketika pesawat dengan registrasi PK-LJQ itu bersiap untuk didorong mundur (push back) oleh pilot. Saat itu, pilot menemukan adanya indikasi sistem pendingin udara yang tidak bekerja secara maksimal, sehingga berdampak suhu di dalam kabin pesawat tidak sebagaimana semestinya.

"Lion Air ingin memastikan bahwa keselamatan dan kenyamanan para penumpang adalah prioritas yang utama," jelasnya.

Pada situasi tersebut, lanjut Mandala, pilot memutuskan untuk menunda keberangkatan penerbangan dan meminta penumpang agar diturunkan kembali menuju ruang tunggu bandar udara. Awak kabin yang bertugas lalu memberikan informasi kepada penumpang dan mengarahkannya untuk kembali ke ruang tunggu di bandar udara sambil menunggu informasi dan perkembangan selanjutnya.

"Pengecekan dan perbaikan sistem pendingin udara ternyata membutuhkan waktu kurang lebih 90 menit yang dilakukan oleh teknisi Lion Air. Dalam hal ini, tahapan pekerjaan tidak dapat dilakukan secara cepat dan instan," terangnya.

Setelah sistem pendingin udara pesawat dinyatakan telah berfungsi dengan baik oleh teknisi pesawat dan  dilakukan pengecekan oleh pilot, maka pesawat siap dioperasikan untuk diterbangkan kembali. Para penumpang pun diminta untuk kembali naik ke dalam pesawat.

"Lion Air telah memberangkatkan kembali seluruh penumpang penerbangan nomor JT-672 tujuan Balikpapan pukul 11.20 WITA, dengan menggunakan pesawat yang sama. Pesawat telah mendarat dengan normal," jelasnya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.