Sukses

Layanan Bayi Tabung Kini Tersedia di RS Siloam Lubuk Linggau

Angka kelahiran total di provinsi Sumatera Selatan menurun sebesar 50 persen dalam 5 dekade terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Grup RS Siloam meresmikan layanan spesialisasi kandungan dan klinik bayi tabung atau In-Vitro Fertilization (IVF) di Kota Lubuklinggau, guna memenuhi kebutuhan masyarakat perkotaan di pulau Sumatera.

Dari data BPS pada 2020, angka kelahiran total di provinsi Sumatera Selatan menurun sebesar 50 persen dalam 5 dekade terakhir. Hal ini dipengaruhi oleh peningkatan pada umur pernikahan pertama, tingkat pendidikan, dan tingkat partisipasi kerja.

Dengan teknologi, peralatan yang komprehensif, dan tenaga medis berkualitas tinggi, Grup RS Siloam melakukan ekspansi klinik Blastula IVF, yakni layanan spesialisasi kandungan serta klinik IVF dari kota Palembang ke kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Layanan ini dibuka di RS Siloam Silampari agar akses yang lebih dekat oleh masyarakat Lubuklinggau dan memenuhi tingginya kebutuhan akan layanan tersebut.

Executive Director Coordinator Regional 5 Grup RS Siloam, dr. Bona Fernando mengatakan untuk Pulau Sumatera, pihaknya sudah menghadirkan layanan spesialis kandungan dan klinik IVF yang berpusat di RS Siloam Sriwijaya.

"RS ini menyediakan 23 spesialis kebidanan dan kandungan yang terdiri dari berbagai sub-spesialis yang telah membantu lebih dari 100 kelahiran setiap bulannya," ujarnya.

Selain itu, RS Siloam Sriwijaya juga menyediakan klinik IVF yang menyediakan layanan komprehensif sehingga klinik ini telah menghasilkan lebih dari 140 take home babies dengan tingkat keberhasilan lebih dari 51 persen yang lebih tinggi dari standar global di 30-45 persen.

Melalui kehadiran layanan spesialisasi kandungan dan klinik IVF di Lubuklinggau, lanjutnya pihaknya berharap pasien akan semakin mudah dilayani tanpa perlu lagi merasakan kendala jarak dan waktu.

Ia menyampaikan, grup RS Siloam mengoperasikan 41 rumah sakit yang tersebar di 23 provinsi di Indonesia, dengan lima di antaranya berada di Pulau Sumatera yang memiliki kualitas pelayanan yang sama dengan standar pelayanan RS Siloam di kota-kota besar di Pulau Jawa.

Selain meluncurkan Blastula IVF, untuk mendukung pelayanan kesehatan yang berkelanjutan, RS Siloam Silampari bersinergi dengan pusat unggulan kandungan yang ada di RS Siloam Sriwijaya.

Pasien dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis dan melakukan persiapan prosedur di RS Siloam Silampari dan tindakan dapat dilakukan di RS Siloam Sriwijaya apabila diperlukan.

Sinergi antar RS Siloam ini telah dilakukan di RS Siloam Silampari dan RS Siloam Sriwijaya dalam tindakan bedah hemorrhoid. Kedepannya, kolaborasi dan sinergi antar RS Siloam akan terus dikembangkan dengan memanfaatkan strategi Hub and Spoke.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini