Sukses

Tak Hanya Dinosaurus, Ini 7 Hewan Purba yang Ganas

Liputan6.com, Yogyakarta - Salah satu hewan purba yang banyak dikenal adalah dinosaurus. Dinosaurus dikenal sebagai hewan purba berukuran besar dan terkenal ganas pada masanya.

Namun, ternyata hewan purba bukan hanya dinosaurus. Ada banyak fauna lain yang hidup di zaman purba yang memiliki ukuran dan bentuk tak lazim.

Mereka tersebar di seluruh penjuru dunia, baik di darat, udara, maupun perairan. Berikut deretan hewan purba ganas tersebut:

1. Deinosuchus

Deinosuchus merupakan reptil yang memiliki tampilan mirip buaya dan aligator modern. Deinosuchus tumbuh sepanjang 12 meter dengan berat mencapai 7 ton. Deinosuchus pernah menguasai rawa dan sungai sekitar 70 juta tahun yang lalu.

2. Dimetrodon

Dimetrodon cukup terkenal sebagai salah satu hewan prasejarah. Hewan ini memiliki ciri yang menonjol, yakni adanya layar di punggungnya.

Makhluk ini memiliki kulit yang bersisik. Dimetrodon bergerak dengan cara merayap.

Dimetrodon juga kerap disalahartikan sebagai dinosaurus. Kenyataannya, hewan yang hidup di bumi sekitar 270 juta tahun yang lalu ini termasuk dalam synapsid (sinapsida) yang memiliki kekerabatan dengan manusia dan mamalia lain.

3. Glyptodon

Sekilas, glyptodon mirip seperti kura-kura. Glyptodon merupakan mamalia besar yang melintasi Amerika Selatan selama zaman es.

Sama seperti mammoth raksasa, glyptodon adalah bagian dari megafauna mamalia yang menguasai era tersebut. Cangkang bersisik yang dimiliki hewan purba ini berkontribusi pada bobot 2 ton mereka. Glyptodon mudah dikenali karena memiliki ciri khas yang mirip dengan armadillo modern.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Megalodon

4. Megalodon

Megalodon dikenal sebagai predator terbesar dunia pada zaman prasejarah. Selama 20 juta tahun, mereka menjadi puncak rantai makanan di lautan.

Megalodon memiliki ukuran tubuh mirip leviathan dengan panjang sekitar 13 hingga 25 meter. Setelah punah, megalodon hanya meninggalkan gigi dan beberapa tulang belakang.

5. Mosasaurus

Mosasaurus merupakan kelompok binatang air prasejarah yang termasuk dalam kelas reptil. Mereka memiliki leher pendek dan rahang besar.

Rahang tersebut digunakan untuk menangkap mangsa. Panjang hewan bahkan bisa mencapai 15 meter, lebih panjang dari T. rex.

6. Plesiosaurus

Plesiosaurus diketahui pernah hidup di Loch Ness, yaitu sebuah danau di Skotlandia. Plesiosaurus bukan termasuk dinosaurus, melainkan reptil laut.

Ciri khas hewan buas ini yaitu memiliki leher panjang dan bersirip. Plesiosaurus diketahui berada di lautan sampai peristiwa kepunahan massal pada akhir zaman kapur.

7. Pterosaurus

Pterosaurus merupakan makhluk bersisik yang mampu terbang ke angkasa. Hewan ini masuk ke dalam sekelompok reptil terbang yang berbeda dengan dinosaurus.

Hewan purba ini mengandalkan selaput sayap tanpa bulu untuk memperoleh daya angkat. Hewan ini adalah vertebrata pertama yang mampu terbang dan menjadi yang terbesar dengan lebar sayap mencapai 10 meter.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.