Sukses

Pantauan Hilal Awal Ramadhan di Pantai Galesong Takalar, Ketinggian Hilal Sudah 7,33 Derajat

 

Liputan6.com, Takalar - Pemantauan hilal awal Ramadhan di Pantai Galesong, Kabupaten Takalar, menemukan ketinggian hilal sudah 7,33 derajat. Koordinator Bidang Observasi dan Pemantauan BMKG Makassar R Jamroni mengatakan, pengamatan awal ketinggian bulan sudah 7,33 derajat. Meski ketinggian hilal sudah 7,33 derajat BMKG Makassar belum mau memastikan penetapan 1 Ramadhan 1444 H.

"Ini datanya sekitar 7 derajat, ketinggian hilal hari ini atau pengamatan kurang lebih sekitar 30 menit. Kita akan amati lagi mulai terbenam di jam 18.12 sampai 18.42 Wita," katanya, Rabu (22/3/2023).

Jamroni menyebut pemantauan hilal kali ini tidak terkendala cuaca. Bahkan, data sementara sudah didapatkan bahwa hilal sudah di atas ufuk.

"Cuaca cukup baik, meskipun mendung di bagian atas tetapi di wilayah pengamatan cukup cerah. Mudah-mudahan bisa kita dapati hilal dengan ketinggian tujuh derajat tersebut," katanya. 

Meski ketinggian hilal sudah di atas 7,33 derajat, Jamroni mengaku kemungkinan data hilal berubah masih 50 persen. "Kalau cuaca saya lihat cukup bagus. Tapi kemungkinan perubahan ada. Tapi insyaallah, masih ada kita punya probability 50 persen," ucapnya.

Sementara Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kemenag Sulsel Wahyuddin Hakim mengatakan untuk tahun 2023 pemantauan hilal atau Rukyatul Hilal dilakukan di Pantai Wisata Galesong Takalar. Sebelumnya, Rukyatul Hilal dilakukan BMKG Makassar di GTC Mal.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, rukyatul hilal tahun ini akan melibatkan ormas Islam dan perwakilan universitas Islam. Namun kali ini pelaksanaannya akan digelar di Pantai Galesong Takalar, tidak lagi di Rooftop Mall GTC Tanjung Bunga Makassar," katanya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemantauan Hilal di Pantai Galesong

Kementerian Agama (Kemenag) RI akan menggelar sidang isbat penentuan 1 Ramadhan 1444 Hijriah, hari ini Rabu (22/3/2023). Penentuan 1 Ramadhan akan dibacakan setelah ratusan titik pemantauan hilal yang tersebar di seluruh Indonesia sudah memberikan laporannya. Salah satu titik pemantauan hilal awal Ramadhan ada di Pantai Galesong, Takalar, Sulsel. 

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar bahkan telah menurunkan tim untuk memantau hilal awal bulan Ramadhan 1444 Hijriah di lokasi tersebut.

Anggota Tim Observasi BBMKG Wilayah IV Makassar Kaharuddin mengatakan, pemantauan hilal awal Ramadhan melibatkan tim dari BBMKG Wilayah IV Makassar dan Stasiun Geofisika Gowa serta anggota organisasi massa Islam dan mahasiswa.

"Kami akan turun bersama untuk melakukan pemantauan hilal setelah sore hingga matahari terbenam," kata Kaharuddin.

Guna mendukung Kantor Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan memantau hilal awal Ramadhan 1444 Hijriah, ia mengatakan, BBMKG sudah memasang peralatan pendukung pengamatan di Pantai Galesong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.