Sukses

Jamu Nguter Sukoharjo, Redakan Pegel Linu sampai Kencangkan Organ Wanita

Siapa yang tidak mengetahui minuman jamu, minuman yang terbuat dari aneka rempah itu memiliki rasa enak yang menyegarkan. Tak hanya itu, minuman jamu diyakini dan dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Liputan6.com, Solo - Jamu adalah minuman tradisional yang banyak ditemui dari daerah Nguter, di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, minuman yang terbuat dari racikan rempah-rempah itu memiliki rasa enak yang menyegarkan.

Bahkan, jamu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit. Jamu sering dijadikan alternatif pengganti obat-obat dari farmasi kesehatan.

Olahan minuman dari racikan dari rempah-rempah seperti jahe, kunyir, sirih, kencur dan lainnya itu diyakini bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti nyeri haid, diabetes, darah tinggi, dan penambah nafsu makan. Jamu juga memiliki nama dan manfaatnya tersendiri, mulai dari jamu kunyit asam yang terbuat dari campuran sari kunyit, asam jawa, dan gula merah

Jamu ada pula yang bermanfaat bisa mengurangi rasa nyeri ketika haid. Selain itu, jamu kunyit asam juga bisa digunakan sebagai obat alami bagi wanita-wanita yang tengah menjalani program diet. Jamu kunyit asam juga bisa dicampur air rebusan sirih, menurut cerita hal itu bisa bermanfaat bagi wanita yang telah menikah untuk merapatkan atau mengencangkan organ kewanitaan.

Selain kunyit asam, ada jenis lainnya yaitu jamu beras kencur, ramuan minuman dari sari beras yang sudah direndam, ditumbuk kemudian disaring serta dicampurkan dengan larutab air dari parutan kencur. Beras kencur bisa dijadikan salah satu minuman pengganti penambah nafsu makan, anak-anak sulit makan minuman beras kencur disarankan dikonsumsi tiap pagi hari.

Tak hanya itu, jamu paitan dong kamplong (jamu pahit daun pepaya), minuman ini paling simple dari jenis jamu yang lain cukup menggunakan air matang dan meremas-remas daun muda pepaya hingga berwarna hijau.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berbahan Dasar Rempah Alami

Setelah air berubah berwarna hijau, air tersebut disaring dan sudah siap untuk dikonsumi, disarankan untuk orang yang memiliki riwayat diabetes. Jamu paitan dong dong kamplong ini juga sebagai penambah nafsu makan, meski pahit rasanya rupanya efeknya sangat banyak.

Ada juga sambiloto, itu adalah tanaman bernama bernama sambiloto yang dikeringkan, dicampur brotowali, adas yang semuanya sudah dikeringkan dan kemudian direbus. Air rebusan tersebut kemudian disaring, masyarakat menyebutnya sebagai jamu paitan. Jamu paitan diyakini bisa membersihkan darah kotor, jerawat, dan juga gatal-gatal.

Semenatara itu, Asih wanita berumur 50 tahun yang berprofesi sebagai penjual jamu gendong menyebut sehari-hari dia menjual berbagai jenis minuman jamu yang diletakkan dimasukkan ke sebuah botol kaca/plastik dan diletakkan pada sebuah bakul.

kurang lebih ada tujuh botol berisi jamu kunyit asam, beras kencur, rebusan daun sirih, jamu paitan dong kamplong, dan satu botol khusus untuk rebusan gula merah. Biasanya rebusan gula merah dan jahe yang sudah dibakar kemudian digeprek itu diberikan setelah kita meminum minuman jamu yang rata-rata memiliki rasa pahit. 

"Ini namanya legen (manis) dari rebusan gula merah, buat peluntur rasa pait dari jamu kayak paitan atau jamu dong kamplong. Saya jualan jamu dari umur 19 tahun," kata Asih kepada Liputan6.com, Sabtu (18/3/2023).

Usaha yang dia tekuni ini sampai mengantarkan anak-anaknya menyelesaikan pendidikan hingga perguruan tinggi. Menekuni usaha jualan jamu gendong itu selain menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tak sedikit ia juga sehat. Bagaimana tidak, ia menyebut tiap hari dia bangun jam 3 pagi untuk membuat jamu, setiap hari juga ia selalu meminum jamu buatannya tersebut.

"Jam 3 pagi bangun, bikin jamu, memasak, dan selesai itu masih menyisakan 1 gelas untuk diminum sendiri. Badan merasa lebih enak kalau bisa minum jamu tiap hari," ucap dia.

Menurutnya, jamu yang paling laris dan cepat dicari pembeli adalah jamukunyit asam. Bahkan, biasanya banyak pelanggannya yang memesan kunyit asam untuk mereka simpan di lemari es jadi ketika pada siang atau malam hari mereka mau minum jamu mereka punya stok.

"Wanita muda dan juga ibu rumah tangga kalau pesan jamu kunyit asam sirih itu biasanya ukuran 200 ml bisa 5 botol. Katanya kalau mereka datang bulan minum jamu itu perutnya adem, jarang melilit atau sakit," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.