Sukses

Fakta Menarik Catkin, Bunga dari Pohon Poplar yang Dikaitkan dengan Hujan Cacing di China

Sebuah video yang mengklaim menunjukkan hujan cacing pada mobil di Provinsi Liaoning, China telah beredar di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang mengklaim menunjukkan hujan cacing pada mobil di Provinsi Liaoning, China telah beredar di media sosial.

Namun, media dan pihak berwenang China tidak membuat laporan seperti itu tentang fenomena hujan cacing. Selain itu, pemeriksaan ketat terhadap video tersebut menunjukkan apa yang disebut cacing tidak terlihat di jalan-jalan terdekat.

Penduduk dan jurnalis di China mengidentifikasi mereka sebagai catkin dari pohon poplar, yang merupakan pemandangan umum selama musim semi.

Catkin adalah kelompok bunga yang menggantung dari pohon dan tidak memiliki kelopak. Mereka dapat ditemukan di banyak jenis pohon, dan angin membantu membawa serbuk sari untuk reproduksi.

Perlu dicatat bahwa pohon poplar banyak tumbuh di seluruh China, dan catkin adalah pemandangan umum selama musim semi.

Singkatnya, video viral yang mengklaim hujan cacing di China sebenarnya menunjukkan catkin pohon poplar.

Lalu, apa itu catkin? Simak fakta menariknya berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bunga yang Tak Memiliki Kelopak

Menurut Britannica, catkin adalah sekelompok bunga yang menggantung dari batang dan tidak memiliki kelopak. Mereka dapat ditemukan di banyak jenis pohon seperti willow, birch, oak dll.

Angin membantu membawa serbuk sari dari bunga jantan ke bunga betina sehingga mereka dapat bereproduksi. Beberapa tanaman memiliki bunga jantan dan betina pada tanaman yang sama, sementara yang lain memilikinya pada tanaman yang terpisah.

Meskipun benar bahwa catkin adalah bunga yang cukup mencolok, pada beberapa spesies pohon mereka tidak dapat dilihat kecuali jika menggunakan teropong, karena mereka muncul di bagian tertinggi dari sayuran. Ini terjadi, misalnya, dalam kasus Populus alba, Juga dikenal sebagai poplar putih.

Pada saat penyerbukan, bunga jantan, yang biasanya dikelompokkan dalam catkin, bertanggung jawab untuk menghasilkan serbuk sari yang berfungsi untuk membuahi ovarium bunga betina. Karena alasan ini, kedua jenis kelamin mekar pada waktu yang berbeda.

Sementara yang jantan mekar di bulan Oktober, yang betina tidak mekar sampai Januari, setidaknya dalam kasus hazelnut. Dengan cara ini, bunga jantan tumbuh dan ketika mencapai usia dewasa, bunga betina terbuka sehingga pembuahan dapat dilakukan dengan sukses.

Sedangkan, untuk penyerbukan sendiri biasanya dilakukan oleh angin. Udara membawa jutaan butir serbuk sari kecil yang dihasilkan oleh catkins sampai ke stigma.

Setelah proses ini, tabung polen mulai tumbuh hingga mencapai dasar stigma. Dengan demikian ia memasuki masa istirahat yang biasanya berlangsung antara empat dan lima bulan.

Setelah waktu ini, pertumbuhan dilanjutkan sampai akhirnya serbuk sari membuahi bakal biji. Dalam kasus kemiri, misalnya, dinding ovarium adalah cangkang kemiri dan bijinya pada dasarnya adalah embrio. Ini berkembang menjadi buah kemiri.

3 dari 3 halaman

Jenis Tanaman yang Memiliki Catkin

Baik di taman atau di tengah alam, ada banyak kemungkinan untuk melihat bunga-bunga aneh ini. Berikut empat spesies pohon berbeda yang catkin-nya menonjol karena keindahannya, sehingga sangat populer di taman umum dan pribadi.

Willow putih (Salix alba)

Sebuah pohon yang memiliki beberapa catkin yang sangat indah adalah willow putih, juga dikenal sebagai Salix alba. Dalam hal ini mereka dibentuk oleh panjang dan kelahirannya terjadi di musim semi.

Kita dapat menemukan willow putih di Asia, di Eropa dan secara spontan di Afrika Utara. Namun, itu adalah pohon yang telah ditanam oleh manusia di berbagai tempat selama ribuan tahun, jadi praktis tidak mungkin untuk mengatakan dengan tepat apa wilayah alaminya. Baik di Kepulauan Balearic maupun di Semenanjung cukup umum ditemukan dan sangat tersebar.

Holm oak (quercus ilex)

Termasuk pohon ek, yang dikenal sebagai quercus ilex, Ini memiliki catkins kekuningan dan oker yang indah. Bunganya muncul di musim semi dan dikelompokkan dalam tandan gantung.

Ek holm adalah pohon yang Hal ini ditemukan di seluruh wilayah milik Laut Mediterania. Namun, subspesies Kuerkus surat suara Itu ada di seluruh Semenanjung Iberia, memiliki populasi yang cukup padat di pedalaman.

Sebaliknya, subspesies quercus ilex Ini agak didistribusikan di daerah-daerah yang paling dekat dengan Pantai Cantabria dan Mediterania, dari Kepulauan Balearic dan Catalonia hingga Almería. Menariknya, di daerah di mana kedua subspesies tumpang tindih, pohon hibrida tumbuh, melemahkan ciri-ciri pembeda dari kedua subspesies.

Birch perak (Betula pendula)

Pohon lain yang memiliki catkin berharga adalah birch perak atau Betula pendula. Dalam hal ini, catkin adalah jantan dan dari bulan Maret hingga Mei mereka memanjang sampai serbuk sari dilepaskan saat kuncup daun mulai terbuka. Sebaliknya, catkin betina mengarah ke atas dan cukup pendek. Setelah penyerbukan, ketika benih mulai berkembang, mereka mulai menggantung.

Birch perak Ini didistribusikan di seluruh Maroko utara, Asia barat dan hampir seluruh Eropa. Namun, di Semenanjung Iberia lebih sering dari Galicia ke Pyrenees.

Poplar putih (Populus alba)

Pada poplar putih atau Populus alba, bunga betinanya membentuk karangan bunga gantung yang panjang, yaitu catkin. Ini cukup tebal dan mereka biasanya muncul di bagian tertinggi pohon.

Kita dapat menemukan poplar putih di Afrika Utara, di Asia Barat dan di Eropa tengah dan selatan. Spesies arboreal ini banyak digunakan sebagai ornamen atau untuk mengisi kembali beberapa daerah.

Di Semenanjung Iberia, poplar putih tumbuh di hampir semua wilayah secara alami, Dengan pengecualian daerah terbasah milik barat laut dan Pantai Cantabria. Namun, di Kepulauan Balearic dianggap spesies ini diperkenalkan.

Sekarang kita tahu apa itu catkin dan di mana menemukannya, kita bisa melihatnya saat kita pergi jalan-jalan. Tentunya akan lebih mudah bagi kita untuk mengidentifikasi menurut jenis pohon apa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.