Sukses

PKS Desak Erick Thohir Juga Pecat Ahok Buntut Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Dedi Sunardi dan Ahok dinilai sama-sama punya tanggung jawab terhadap seluruh operasional Pertamina. Apalagi Ahok juga merangkap sebagai Ketua Komite Risiko.

 

Liputan6.com, Jakarta - Usai tragedi kebakaran depo Pertamina Plumpang yang memakan korban jiwa beberapa waktu lalu, Menteri BUMN Erick Thohir memecat Direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina (Persero) Dedi Sunardi. 

"Nanti kan dijelaskan sendiri oleh Pertamina-nya. Kalau saya kan konteksnya ada beberapa. Mencopot, mencopot, mencopot juga kan enggak enak," kata Erick Thohir, Jumat (10/3/2023).

Erick Thohir menegaskan, pencopotan tersebut dilakukannya dengan pertimbangan matang. Dia lantas menyinggung adanya pejabat Pertamina yang ogah pulang ke Jakarta usai Depo Plumpang terbakar.

"Saya kemarin meminta seluruh direksi Pertamina pulang. Ada yang pulang, ada yang enggak pulang. Ya saya catet dong yang enggak pulang," ujar Erick.

"Ketika rakyat ada yang meninggal, masa kita enggak hadir. Saya aja pulang dari surabaya. Padahal saya ada event besar di surabaya. Tapi saya pulang. Hal-hal ini menjadi tanggung jawab. Kita duduk sebagai pejabat publik," katanya.

Tengah Perjalanan Bisnis ke Jepang

Erick tidak menceritakan lebih detil ke mana perginya Direksi Pertamina saat kejadian itu. Namun menurut kabar sebelumnya, sejumlah pejabat Pertamina termasuk sang Direktur Utama, Nicke Widyawati memang tengah melakukan perjalanan bisnis ke Jepang.

Kendati begitu, Nicke tanpa pikir panjang langsung mempercepat kunjungannya ke Negeri Sakura dan terbang ke Indonesia.

Lebih lanjut, Erick Thohir mengaku sudah punya catatan terhadap sejumlah direksi di perusahan BUMN sejak beberapa tahun terakhir. Khususnya Pertamina, yang beberapa kali tertimpa kasus kebakaran kilang pada 2021-2022.

"Sudah dua tahun hal ini saya sudah minta untuk diagendakan, distrategikan. Kejadian kemarin ini (kebakaran Depo Pertamina Plumpang) kan tentu ada sebab dan akibatnya. kan kita menjadi direksi/komisaris itu tidak hanya jabatan, tapi harus tanggung jawabnya," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PKS Desak Pecat Ahok

Sementara itu, anggota Komisi VII DPR RI dari fraksi PKS Mulyanto, mendesak Menteri BUMN Erick Thohir juga mencopot Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok.

Mulyanto mengatakan, kebijakan mencopot Dedi belum adil jika tidak memecat Ahok. Menurut Mulyanto, baik Dedi maupun Ahok sama-sama punya tanggung jawab pengawasan seluruh operasional perusahaan. 

Dia meminta Erick Thohir tidak tebang pilih dalam menegakan aturan. Menurut Mulyanto, Ahok tak hanya menjabat Komisaris Utama tapi juga Ketua Komite Risiko. Jabatan inilah, yang menurut Mulyanto, yang seharusnya bertanggung jawab atas pengelolaan risiko kebijakan Pertamina.

Sebagai wakil rakyat, Mulyanto juga meminta kasus terbakarnya Depo Pertamina Plumpang yang memakan korban jiwa warga ditangani secara serius. Sebab peristiwa serupa juga pernah terjadi di lokasi yang sama. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.