Sukses

Rayakan Ulang Tahun, Suga BTS Berdonasi untuk Korban Gempa Turki

Setiap tahun, ulang tahun Suga BTS dirayakan dengan berdonasi.

Liputan6.com, Yogyakarta - Salah satu member grup Kpop BTS, Suga, tengah merayakan ulang tahun ke-30 (31 tahun versi umur Korea) pada hari ini (9/3/2023). Sebagai perayaan bertambahnya usia, ia memberikan donasi untuk korban gempa Turki dan Suriah.

Hal tersebut diumumkan oleh LSM internasional, Save the Children Korea, yang mengatakan Suga BTS telah memberikan bantuan sebesar 100 juta won (sekitar Rp1,1 miliar). Bantuan dari Suga tersebut akan dimanfaatkan untuk mendanai beberapa kebutuhan penting untuk para korban, seperti selimut musim dingin, kasur, perlengkapan sekolah, dan kebutuhan lainnya yang dibutuhkan di daerah terdampak.

Mengutip dari Soompi, Suga mengatakan, begitu banyak anak dan keluarga yang menderita kerusakan parah akibat gempa ini. Ia juga menyampaikan belasungkawa kepada para penyintas dan korban.

"Saya berharap, setidaknya ini bisa menjadi sedikit bantuan untuk anak-anak yang terkena dampak gempa dan semoga donasi ini digunakan untuk menyediakan barang-barang bantuan untuk anak-anak,” ungkap pria bernama asli Min Yoongi ini.

Sebenarnya, hal ini bukan kali pertama dilakukan oleh Suga. Setiap tahun, ulang tahun Suga BTS dirayakan dengan berdonasi.

Menurut beberapa sumber, 'tradisi' ini telah ia lakukan sejak 2018 silam. Pada 2018, ia mendonasikan daging sapi terbaik Korea dan album yang sudah ditandatangani untuk 39 panti asuhan. Donasi tersebut merupakan sebuah pemenuhan janji kepada penggemarnya, ARMY, pada 2014 lalu. Saat itu, ia mengatakan akan mentraktir daging sapi Korea jika dirinya telah sukses.

Pada 2019, ia memberikan donasi untuk Yayasan Korea Pediatric Cancer atas nama ARMY. Donasi tersebut berjumlah 100 juta won.

Tak hanya itu, ia juga memberikan 329 boneka shooky, yakni salah satu karakter BT21 berupa maskot imut yang menggambarkan karakter dari masing-masing member BTS. Shooky merupakan karakter yang menggambarkan Suga.

Pada 2020, ia berdonasi untuk membantu para penderita yang terdampak penyebaran Covid-19 di kota kelahirannya, Daegu. Saat itu, ia menyumbang sebesar 100 juta won.

Pada 2021, ia kembali memberikan donasi di kota kelahirannya tersebut. Ia berdonasi sebesar 100 juta won untuk pengobatan pasian kanker anak di Seongseo Dongsan, Daegu.

Pada 2022, ia juga memberikan donasi untuk kebakaran hutan di Gangwon dan Gyeongsangbuk-do, sebesar 100 juta won.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.