Sukses

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Konsumsi Kurma di Bulan Puasa

Kurma jadi salah satu buah yang cukup fleksibel, karena dapat dikonsumsi saat sahur maupun berbuka.

Liputan6.com, Jakarta - Dari beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi saat puasa, kurma menjadi salah satu yang terbaik. Jadi tak heran jika buah yang satu ini selalu hadir saat bulan Ramadan.

Ada banyak alasan kenapa kamu harus mengonsumsi kurma selama bulan Ramadan. Salah satunya, kurma adalah buah dengan kandungan nutrsinya yaang kaya, hingga mampu menjaga keseimbangan tubuh selama berpuasa.

Kurma jadi salah satu buah yang cukup fleksibel, hingga kamu bisa mengkonsumsinya saat sahur atau berbuka. Kamu bahkan bisa mengkombinasikannya dengan makanan sehat lainnya, seperti oatmeal atau susu.

Tapi sebelum mencari beberapa menu sahur dan berbuka sehat dengan kurma, ada baiknya kamu mengetahui lima hal berikut ini tentang kurma.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kurma jadi salah satu buah yang cukup fleksibel,

1. Kandungan gula alami

Kurma mengandung gula alami yang tinggi, seperti glukosa dan fruktosa, yang dapat memberikan energi instan kepada tubuh saat berbuka puasa. Kandungan gula alami pada kurma dapat membantu mengembalikan energi yang hilang selama puasa.

2. Kaya akan nutrisi

Selain kandungan gula alaminya, kurma juga kaya akan nutrisi seperti serat, kalium, magnesium, dan vitamin B. Nutrisi-nutrisi tersebut penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama puasa.

3. Mudah dicerna

Kurma mudah dicerna oleh tubuh, sehingga dapat memberikan energi dengan cepat tanpa memberikan beban berat pada sistem pencernaan.

4. Mengurangi rasa lapar

Kurma juga mengandung serat yang dapat membantu mengurangi rasa lapar dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan gula alaminya juga dapat membantu mengurangi rasa lapar.

5. Tradisi religius

Selain manfaat kesehatan, kurma juga menjadi makanan yang sangat disarankan untuk dimakan saat berbuka puasa karena merupakan makanan yang sering dikonsumsi oleh Nabi Muhammad SAW saat berbuka puasa. Oleh karena itu, kurma juga menjadi bagian dari tradisi religius dalam berpuasa.

Itu dia beberapa alasan kenapa kamu harus mengonsumsi kurma selama bulan puasa. Meski begitu, pastikan untuk tetap mengonsumsi makanan sehat lainnya untuk menjaga keseimbangan nutrisi tubuh.

Pastikan juga untuk tetap menjalankan aktivitas selama berpuasa, ya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.