Sukses

Gelar Konser di Solo, Ini 8 Lagu Populer Deep Purple

Berikut daftar lagu Deep Purple paling populer dan laris sepanjang masa.

Liputan6.com, Solo - Deep Purple akan menggelar konser World Tour 2023 di Solo, Jawa Tengah (Jateng) pada Jumat (10/3/2023). Band rock asal Inggris ini dikenal sebagai salah satu pionir gerakan hard rock.

Bahkan, Ian Paice dkk terdaftar dalam Guinness Book of World Records sebagai "band paling keras di dunia" untuk konser Deep Purple pada 1972 di Rainbow Theatre London. Deep Purple telah menghasilkan 22 album studio sampai saat ini.

Berbagai karyanya telah diapresiasi banyak pihak. Bahkan, total penjualan dari seluruh album Deep Purple tersebut mampu menyentuh angka 100 juta salinan.

Berbagai penghargaan telah diraih grup band ini dari ajang musik bergengsi seperti anugerah Legend Award dari World Music Award 2018. Berikut daftar lagu Deep Purple paling populer dan laris sepanjang masa.

1. Smoke on The Water

Lagu "Smoke on the Water" merupakan bagian dari album Machine Head yang rilis 25 Maret 1972. Album tersebut masuk dapur rekaman pada Desember 1971 di Montreux, Swiss.

Lagu ini juga yang membantu mendorong album Machine head menjadi nomor 1 di Inggris dan masuk ke 10 teratas Amerika Serikat. Smoke on The Water adalah lagu klasik rock ikonik, polos, dan sederhana.

2. Soldier of Fortune

Lagu ini menjadi salah satu track di album Deep Purple berjudul Stormbringer. Album tersebut rilis November 1974.

Pembuatan album ini masih melibatkan personel David Coverdale dan Glenn Hughes.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Highway Star

3. Highway Star

Salah satu lagu hits Deep Purple berjudul Highway Star ini bercerita tentang seorang pria dan kegilaannya dengan mobil supersoniknya. Lagu ini menampilkan perpaduan khas permainan oktan tinggi mereka dengan keanggunan neoklasik.

Highway Star secara luas dianggap sebagai salah satu lagu speed rock/metal pertama yang pernah ditulis, lagu lead-off dari band ini. Hingga kini lagu ini tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan adrenalin atau pengaruh selama hampir setengah abad.

4. Speed King

Speed King menjadi lagu pembuka dalam album In Rock. Album ini berhasil menerima penghargaan sebagai salah satu rock and roll vintage.

Performa rock and roll sangat maksimal, penikmat lagi dengan tempo cepat akan menikmatinya selama lima menit tanpa henti.

5. Fireball

Fireball merupakan lagu populer Deep Purple yang berhasil menjadi kekuatan dan dorongan bagi band cadas ini. Bahkan Ian Paice digadang-gadangkan sebagai salah satu penabuh drum rock and roll terhebat yang pernah ada.

6. Pictures of Home

Meski lagu Pictures of Home menjadi lagu yang paling diremehkan dari mahakarya Machine Head. Lagu Pictures Of Home menampilkan setiap anggota band di puncak kreatif mereka dengan vokal utama dan improvisasi indah di bagian instrumental.

Blackmore keluar dari hard rock dengan musik blues. Bahkan ada ruang untuk solo bass dari Roger Glover dalam lagu Pictures of Home.

7. Black Night

Lagu Black Night termuat pada album Deep Purple in Rock yang rilis 5 Juni 1970. Album ini hadir setelah personil Ian Gillan dan Roger Glover bergabung.

Susunan anggota Deep Purple saat itu Ritchie Blackmore, Ian Gillan, Roger Glover, Jon Lord, dan Ian Paice.

8. Child in Time

Lagu Child in Time juga menjadi lagu yang hadir di album Deep Purple in Rock tahun 1970. Lagu ini diletakkan pada side one untuk salinan bentuk kaset, bersama tembang Speed King dan Bloodsucker.

Durasi lagu ini cukup panjang, yakni mencapai 10 menit 20 detik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.