Sukses

Gua Rangko, 'Hidden Gem' di Kawasan Labuan Bajo yang Memanjakan Mata

Air kolam Gua Rangko juga angat jernih, hingga wisatawan dapat melihat batuan stalakmit di dasarnya.

Liputan6.com, Flores - Gua Rangko menjadi salah satu tempat wisata hidden gem di kawasan Labuan Bajo. Gua Rangko berada di ujung utara Labuan Bajo atau ibu kota Kabupaten Manggarai Barat.

Tepatnya, terletak di Pulau Gusung, Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tempat wisata alam hidden gem ini menyajikan keindahan gua alami.

Dikutip dari laman indonesia.go.id, Gua Rangko dipenuhi dengan stalaktit yang indah dan menawan. Menariknya, wisatawan dapat berenang di kolam yang ada di dalamnya.

Air kolam Gua Rangko juga angat jernih, hingga wisatawan dapat melihat batuan stalakmit di dasarnya. Terlebih jika sinar matahari memantul diatas pemukaan kolam tersebut, menjadikan kolam air asin tersebut bak bersinar indah.

Kolam Gua Rangko memiliki kedalaman hingga empat meter. Wisatawan dapat dengan bebas menikmati kesegaran air kolam ini.

Namun, pastikan tetap berhati-hati agar tidak terluka karena stalakmit yang berada di sekitarnya. Bagi wisatawan yang hendak menikmati keindahan Gua Rangko harus rela menempuh perjalanan jauh.

Gua Rangko terletak di Pulau Gusung, yang ditempuh mengunakan perahu motor. Sampai perairan Pulau Gusung, wisatawan harus melewati dermaga kayu dengan titian jalan yang memiliki lebar 1,5 meter dan sepanjang 200 meter menuju bibir pantai.

Wiatawan harus berhati-hati saat melewati titian ini, terlebih setelah hujan karena licin. Namun tenang, selama perjalanan menuju Gua Rangko yang hidden gem ini, wisatawan akan ditemani pemandangan laut yang indah.

Pamdandangan gugusan terumbu karang yang cantik dapat menjadi tempat perjalanan wisatawan menuju gua indah ini. Terlebih kedalam air yang dangkal dan jernih, sehingga wisatawan dapat melihat aneka ikan.

Waktu terbaik untuk mengujungi Gua Rangko adalah pukul 13.00-15.00 WITA. Saat waktu-waktu tersebut sinar matahari akan menembus meleati celah-celah bebatuan, sehingga warna biru kolam gua akan terlihat menyala dengan sangat cantik.

Harga tiket Masuk Gua Rangko bagi masyarakat setempat sebesar 10.000. Sementara bagi wisatawan domestik sebesar Rp 20.000 dan wisatawan mancanegara Rp 50.000.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.