Sukses

Ragam Minuman Dingin Indonesia, Inspirasi Menu untuk Berbuka Puasa

Minuman dingin juga diyakini dapat meningkatkan suasana hati seseorang ketika sedang tidak baik-baik saja.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang memiliki ragam warisan kuliner dan budaya. Kondisi tersebut menginspirasi masyarakatnya untuk membuat ragam olahan minuman dingin.

Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, minuman dingin juga diyakini dapat meningkatkan suasana hati seseorang ketika sedang tidak baik.

Minuman dingin Indonesia tersebut masih lestari dan mudah ditemui. Bahkan, tidak sedikit jenis minuman dingin di Indonesia menjadi salah satu menu berbuka puasa.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima minuman dingin segar asli Indonesia yang sangat digemari oleh masyarakat lokal hingga mancanegara:

Es Pisang Ijo

Es pisang ijo merupakan makanan khas Makassar, Sulawesi Selatan. Sesuai namanya, makanan satu ini menggunakan pisang sebagai bahan utamanya.

Pisang yang digunakan juga bermacam-macam jenisnya, bisa pisang raja, kepok, atau ambon yang sudah matang. Pisang itu kemudian dibalut dengan adonan tepung beras, santan, dan air daun pandan yang membuat sajian ini berwarna hijau dan beraroma pandan.

Selain pisang yang sudah dibalut, ditambahkan pula bubur sumsum yang gurih, disiram dengan sirup merah khas Makassar, dan lelehan susu kental manis. Es pisang ijo kemudian disajikan menggunakan piring agak ceper atau mangkuk dengan tambahan es serut atau bongkahan.

Meski cukup sederhana namun hidangan ini sangat menyegarkan untuk dinikmati disiang hari.

Es Campur

Es campur merupakan salah satu minuman segar favorit banyak orang di Indonesia. Jika menelusuri asal-usul es campur, minuman ini ternyata memang berasal dari Indonesia.

Tidak ada catatan sejarah persis yang menunjukkan awal mulanya es ini disajikan. Namun, minuman ini sudah ada dan dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak puluhan tahun yang lalu hingga sekarang.

Bukan tanpa alasan minuman segar ini disebut es campur karena terdiri dari aneka buah serta manisan lainnya yang dicampur dalam segelas atau satu sajian minuman. Asal-usul es campur juga diduga tidak luput dari pengaruh budaya kuliner Tiongkok karena mereka memiliki beberapa jenis minuman yang serupa.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Es Bubur Kacang Hijau

Kalau bubur kacang hijau merupakan makanan yang berasal dari Madura. Biasanya makanan ini disajikan dengan kuah santan, daun pandan, dan gula merah yang membuat makanan manis ini mempunyai aroma yang sedap.

Bubur kacang hijau selain dikenal sebagai makanan yang menyegarkan dan enak juga sebagai makanan sehat dan bergizi. Bubur kacang hijau mempunyai protein yang baik, kaya akan serat, dan rendah lemak.

Makanan ini juga mengandung banyak nutrisi baik seperti mineral dan vitamin, karbohidrat, asam folat, dan mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, bubur kacang hijau juga dipercaya dapat menurunkan berat badan hingga menjadi obat alami bagi penderita anemia.

Es Cendol

Es cendol berasal dari Sunda, dan berbahan dasar tepung beras. Es kalau di jawa minuman ini disebut dawet.

Berdasarkan asal-usulnya, diyakini nama cendol sendiri berasal dari kata 'jendol' yang berarti butiran-butiran hijau es cendol.Bahan baku tepung yang digunakan yang sudah diolah disaring terlebih dahulu menggunakan alat khusus.

Kemudian dicampur santan dan gula merah yang membuat butiran cendol terasa lebih manis dan gurih saat diteguk.

Es Doger

Es Doger merupakan es yang terbuat dari campuran es serut yang ditambah susu, sirup, parutan kelapa, potongan alpukat, tape hingga Nangka.

Rasa manis dari susu yang menyerap di dalam lembutnya es serut dilengkapi dengan buah alpukat yang memiliki cita rasa yang khas. Berpadu dalam perutan kelapa yang gurih tentu dapat menjadi minuman yang bisa kamu andalkan untu melepas dahaga saat tengah hari.

 

Penulis: Nila Amalia Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.