Sukses

Deretan Buah yang Cocok Dijadikan Menu Sarapan

Banyak menu sarapan yang bisa dicoba, salah satunya buah.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sarapan sangat penting untuk menambah energi sebelum memulai hari. Banyak menu sarapan yang bisa dicoba, salah satunya buah.

Buah mengandung gizi, vitamin, serta mineral yang penting untuk tubuh. Berikut beberapa buah untuk sarapan:

1. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat berupa asam lemak tak jenuh tunggal atau MUFA. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin esensial, seperti folat, vitamin B6, vitamin A, dan vitamin E.

Bahkan, alpukat juga mengandung sekitar 14 gram serat dalam setiap buah yang berukuran sedang. Hal tersebut membuat alpukat bisa memenuhi hampir setengah dari kebutuhan serat harian.

2. Apel

Apel kaya vitamin B yang berperan penting dalam mengubah protein, karbohidrat, dan lemak menjadi energi. Meski mengandung zat gizi beragam, tetapi apel memiliki kalori yang cukup rendah sehingga juga cocok dijadikan camilan.

3. Kiwi

Beberapa ahli menyarankan agar kiwi dikonsumsi saat perut kosong di pagi hari. Pasalnya, kiwi dapat membantu memaksimalkan penyerapan vitamin dan mineral dalam sistem pencernaan.

Kamu bisa memadukan buah kiwi dengan sereal saat sarapan agar bisa menambah asupan zat besi yang dibutuhkan tubuh.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melon

4. Melon

Melon mengandung 90% air dan eletrolit yang dibutuhkan tubuh, seperti kalium, magnesium, natrium, dan kalsium. Perpaduan antara air dan mineral yang terdapat di dalamnya dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi, terutama jika akan melakukan aktivitas fisik yang berat.

5. Pepaya

Pepaya mengandung senyawa yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Buah ini juga mengandung enzim papain yang dapat mencegah kerusakan kulit. Pepaya juga kaya serat, vitamin C, dan antioksidan.

6. Pisang

Pisang banyak dimanfaatkan sebagai menu sarapan bergizi. Buah ini juga banyak dijadikan camilan siang hari sebagai mengganjal perut.

Pisang mengandung pati resisten yang tak bisa dicerna tubuh, sehingga membuat pergerakan usus lebih lambat. Hasilnya, perut menjadi tak cepat lapar.

Tak hanya itu, pisang juga mengandung kalium yang tinggi. Jika kamu ingin berolahraga di pagi hari, pisang bisa dimanfaatkan sebagai makanan selingan sumber energi.

7. Semua Jenis Beri

Segala macam buah beri juga cocok dijadikan menu sarapan, seperti blueberi, stroberi, rasberi, hingga blackberi. Buah-buahan ini mengandung kalori yang cukup rendah, tetapi tinggi serat.

Tak hanya itu, buah beri juga mengandung antioksdan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Buah beri bisa dikombinasikan dengan sereal, oatmeal, maupun yogurt sebagai menu sarapan.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.