Sukses

Pantai Air Manis Padang, Destinasi Wisata yang Jadi Rumah Malin Kundang

Selain menikmati keindahan alam dan bermain air, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya saat berkunjung ke Pantai Air Manis Padang.

Liputan6.com, Padang - Pantai Air Manis terletak kurang lebih 10 kilometer ke selatan dari pusat Kota Padang. Destinasi wisata ini lokasinya berada di belakang Gunung Padang atau tepatnya di Kelurahan Air Manis, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.

Pantai ini cukup terkenal dengan cerita rakyat Malin Kundang. Kisah Malin dan sang ibu memang sudah dikenal sejak dulu hingga sekarang.

Konon, Malin Kundang dikutuk ibunya menjadi batu di Pantai Air Manis, Sumatera Barat, karena durhaka dan enggan mengakui ibunya di depan istri dan semua orang. Cerita legenda kutukan Malin Kundang tersebut didukung dengan adanya batu berbentuk orang bersujud di Pantai Air Manis.

Namun, di balik cerita tersebut, tempat wisata Padang ini memiliki garis pantai yang luas, pasir berwarna cokelat, serta ombak yang cenderung kecil. Pengunjung juga bisa melihat pemandangan Gunung Padang yang berada di sebelah utara pantai.

Selain itu, terdapat dua pulau kecil di sisi pantai ini, yaitu Pulau Pisang Besar dan Pisang Kecil. Selain menikmati keindahan alam dan bermain air, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya saat berkunjung ke Pantai Air Manis Padang.

Pengunjung bisa menuju ke Pulau Pisang ketika air laut sedang surut hanya dengan berjalan kaki. Pulau ini memiliki luas sekitar 1 hektar dan letaknya tidak terlalu jauh dari bibir pantai.

Selain itu, pengunjung juga bisa bermain dan mengendarai ATV. Pihak pengelola pantai telah menyediakan penyewaan ATV dengan harga mulai dari Rp100 ribu per jam.

ATV sangat mendukung bagi pengunjung yang ingin menjelajahi pantai tetapi tidak ingin berjalan kaki. Adapun, Pantai Air Manis juga memiliki pemandangan matahari terbit dan tenggelam yang memesona.

(Resla Aknaita Chak)

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.