Sukses

Daftar Film Kartun Populer Jadi Sarana Mendidik Anak

Film kartun selalu menjadi kesukaan anak-anak karena tampilannya yang asyik, unik dan menarik untuk ditonton

Liputan6.com, Jakarta - Mendidik seorang anak bisa dengan berbagai cara, termasuk juga menonton film. Apalagi jika yang ditonton anak adalah juga film kartun kesukaannya.

Film kartun anak banyak disuka karena tampilannya yang asyik, unik dan menarik. Mulai dari penokohan, suasana yang digambarkan hingga cerita yang diangkat dalam film tersebut.

Film kartun tentu bisa menjadi media yang efektif untuk tumbuh kembang anak. Memiliki visual yang menarik, anak-anak bisa mendapatkan banyak hal seperti mengenal warna, meniru kata-kata, benda, gerak dan musik.

Selain itu, ada hal yang perlu diperhatikan para orang tua ketika anak sedang asyik menonton. Pastikan film kartun yang ditonton adalah film yang mengandung nilai edukasi, dan sesuai umur.

Berikut adalah 5 rekomendasi kartun anak terbaik untuk anak-anak:

Toy Story

Film kartun produksi pixar studio ini penah menyabet piala Oscar dengan kategori animasi terbaik. Film bergenre comedy-adventure ini menceritakan petualangan Woodie dan kawan-kawannya.

Pelajaran berharga yang bisa anak-anak ambil dari film ini adalah merapikan kembali mainan mereka yang berantakan. Film ini juga mengajarkan mengenai tolong menolong ketika sahabatnya mengalami kesulitan.

Tayo the Little Bus

Film Tayo the Little Bus merupakan film asal Korea Selatan yang pertama kali disiarkan pada tahun 2010. Kemudian disiarkan di Disney Junior (Asia) pada 2012 dan kini sudah disiarkan di Indonesia bahkan menarik hati jutaan anak hingga orang dewasa.

Film yang berlatar belakang kota besar ini, terdapat berbagai kendaraan yang hidup berdampingan. Tayo sebagai bus kecil baru saja mempelajari rute di kota tersebut, akhirnya tayo dan saudara- saudaranya saling bergotong royong untuk menjadi bus yang hebat.

Tentu ini memberi pesan tersendiri bagi siapa saja yang menontonnya, terkhusus anak-anak. Melalui film kartun ini, anak anak dikenalkan aturan berlalu lintas, macam-macam kendaraan, dan juga saling tolong menolong antar sesama.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Zootopia

Film yang rilis pada tahun 2016 digarap oleh Byron Howard dan Rich Moore. Film ini menceritakan seekor seekor kelinci betina bernama Judy Hopps yang memiliki keinginan menjadi seorang polisi di kota Zootopia.

Keinginan ini harus diperjuangkan dengan kerja keras oleh Judy agar dia tidak melulu diremehkan. Bahkan dia hanya diberikan tugas yang mudah yaitu sebagai petugas parkir.

Untuk itu, Judy akhirnya ingin menunjukkan bahwa dirinya mampu. Kemudian ia mencoba mengambil kasus hilangnya seekor berang-berang. Jika ia tidak mampu memecahkan kasus tersebut dalam jangka waktu kurang dari 48 jam maka ia harus mundur dari kepolisian.

Alhasil, dia pun terpaksa bekerjasama dengan musang penipu yang bernama Nick Wilde. Dari film ini, bunda bisa mengajarkan anak-anak untuk terus yakin, optimis dengan cita-citanya, berusaha keras dan pantang menyerah.

The Lion King

Film produksi Walt Disney Picture ini menceritakan tentang seekor anak singa bernama Simba yang terusir dari tanah kelahirannya setelah ayahnya dibunuh oleh pamannya demi takhta.

Dalam perjalanannya menjadi raja, Simba mengalami tantangan yang datang dari pamannya sendiri. Dari kejadian perebutan tahta, akhirnya Simba terasingkan.

Setelah Simba tumbuh dewasa ia bertekad untuk merebut Kembali kehidupannya. Dari film ini memberi pesan moral kepada anak-anak bahwasanya sangat penting untuk memiliki sifat berani dan jangan rakus atas kekuasaan yang bukan menjadi hak kita.

Sesame street

Anak-anak pasti familiar dengan tokoh Elmo, Ernie, Bert, Big Bird, Cookie, dan Monster. Tokoh-tokoh tersebut bisa ditemui di film kartun Sesame street.

Film yang cocok ditonton untuk anak usia prasekolah ini berasal dari Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri, film kartun ini lebih dikenal dengan sebutan Jalan Sesama.

Film hiburan sekaligus edukasi ini diciptakan seorang psikolog, lho. Tidak heran jika film kartun satu ini sangat recommended untuk ditonton oleh anak-anak bunda.

Bahkan, ada yang melakukan penelitian mengenai film ini yang membuktikan bahwasanya anak-anak usia tiga sampai lima tahun yang menonton film ini memiliki kosakata yang lebih banyak dibandingkan dengan anak yang tidak menonton.

Jangan lupa untuk terus mendapingin anak-anak ketika menonton ya,. Pastikan film-film kartun yang ditonton adalah film yang aman dan memiliki nilai dukasi.

Penulis: Nila Amalia Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.