Sukses

Blusukan ke Pasar Bakti Medan, Jokowi Ingatkan Kepala Daerah Kontrol Inflasi Sembako

Presiden Joko Widodo atau Jokowi blusukan ke pasar tradisonal di Kota Medan. Kegiatan ini dilakukan usai menghadiri puncak acara Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Gedung Serbaguna Pancing, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

Liputan6.com, Medan Presiden Joko Widodo atau Jokowi blusukan ke pasar tradisonal di Kota Medan. Kegiatan ini dilakukan usai menghadiri puncak acara Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Gedung Serbaguna Pancing, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

Salah satu pasar tradisional yang menjadi tujuan blusukan orang nomor satu di Indonesia itu adalah Pasar Bakti, Kecamatan Medan Area, Kota Medan. Begitu tiba di Pasar Bakti, Jokowi beserta rombongan langsung disambut teriakan masyarakat.

"Pak Jokowi, Pak Jokowi, Pak Jokowi," teriak masyarakat yang antusias menyambut kehadiran Jokowi, Kamis (9/2/2023).

Tampak Jokowi mengenakan kemeja putih turun dari mobil langsung menyapa masyarakat dengan melambaikan tangan. Selanjutnya Jokowi menghampiri para pedagang di Pasar Bakti.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi juga membagikan sembako kepada masyarakat dan berkeliling pasar untuk menyapa para pedagang. Jokowi mengatakan, pemerintah terus mengontrol inflasi, salah satunya bahan pokok.

"Tadi saya membagikan sembako. Nah, kepala daerah tidak hanya mengurus makro, tapi juga mikronya di kontrol. Kita cek untuk menurunkan inflasi," sebut Jokowi usai kunjungan ke Pasar Bakti.

Menurutnya, jika setiap daerah inflasinya bagus, diberi insentif dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), "Seingat saya Rp 15 miliar," sebutnya.

Setelah berkeliling Pasar Bakti, Jokowi beserta rombongan bertolak ke Pasar Halat, Kecamatan Medan Kota.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hadiri Puncak HPN

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, mengingatkan pers mengenai pemberitaan bertanggung jawab. Menurutnya pers sudah bebas, pemberitaan bisa dilakukan siapa saja.

Hal itu disampaikan Jokowi pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Gedung Serbaguna, Jalan Williem Iskandar/Jalan Pancing, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (9/2/2023).

"Kurang bebas apalagi kita sekarang, pers sudah mencakup seluruh media informasi yang bisa tampil dalam bentuk digital. Semua orang bebas membuat berita dan sebebas-bebasnya. Sekarang ini masalah utama, menurut saya membuat pemberitaan yang bertanggung jawab, karena masyarakat kebanjiran berita dari media sosial dan media digital lainnya," kata Jokowi.

Selain itu, di tengah suasana seperti ini, media mainstream justru sangat dibutuhkan untuk menjadi rumah penjernih informasi. Media arus utama menyajikan informasi yang terverifikasi dan menjalankan peran sebagai communication of hope yang memberi harapan pada masyarakat.

3 dari 3 halaman

Peran Utama Media Semakin Penting

Jokowi menyebut, peran utama media kini semakin penting untuk mengamplifikasi kebenaran dan menyingkap fakta, terutama di tengah keganasan post truth, pasca fakta dan pasca kebenaran. Media arus utama diharapkan mampu menjaga dan mempertahankan misinya untuk mencari kebenaran, searching the truth dan membangun optimistisme.

"Saya minta semua pihak, baik kepada lembaga pemerintah pusat dan daerah, BUMN, perusahaan swasta, lembaga swadaya masyarakat, untuk mendukung keberadaan media arus utama," sebutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.