Sukses

Berkah Pencabutan PPKM, Omzet Cuci Factory Makin Melejit

Pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menjadi berkah bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menegah. Salah satunya, Cuci Factory yang merupakan pelaku jasa perawatan tas dan sepatu

Liputan6.com, Jakarta - Pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menjadi berkah bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM). Salah satunya, Cuci Factory yang merupakan pelaku jasa perawatan tas dan sepatu.

Usaha laundry tersebut merasakan kenaikan jumlah order usai pencabutan PPKM. Pasalnya, masyakarat kini tidak lagi khawatir terkait penyebaran Covid-19.

Sebelumnya, selama dua tahun Cuci Factory merasakan dampak dari ketatnya aturan PPKM. Akibatnya orderan cuci hingga perawatan sepatu dan tas mengalami penurunan.

"Jadi setelah selesai covid, tepatnya setelah PPKM dicabut orderan kita cukup meningkat lagi, karena banyak tas atau sepatu customer yang lama tidak digunakan jadi perlu perawatan khusus," kata Prastiwi, Manajer Operasional Cuci Factory, Rabu (1/2/2023). 

Pratiwi mengatakan selepas pencabutan aturan PPKM, orderan perlahan namun pasti mulai meningkat. Hal tersebut berkah dari pencabutan PPKM yang mulai dirasakan.

"Jadi peningkatannya untuk kembali ke normal benar-benar bertahap ya, kalau sekarang syukur kita sudah dipercaya 70 sampai 80 customer per harinya ada yang visit ke store, ada juga yang menggunakan jasa kurir gratis kita," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langganan Artis hingga Pejabat

Berdiri sejak tahun 2016 Cuci Factory sudah melayani banyak pelanggan mulai dari artis hingga pejabat daerah. Sebab tidak hanya kuantitas, mereka lebih mengedepankan kualitas dan juga fasilitas antar jemput untuk area Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Depok yang memudahkan customer dan juga tidak dikenakan biaya.

"Kita pernah dapat orderan dari kak Nikita Mirzani, dari adiknya Ruben Onsu dari Frislly juga selebgram sampai influencer dan mereka puas, kalau pejabat biasanya daerah area Bintaro biasanya mereka yang datang asistennya terkadang bawanya sampai 53 tas jadi semuanya dipercayakan, karena dia kolektor tas branded ya," ujarnya.

Prastiwi juga mengatakan Cuci Factory tidak hanya melayani pembersihan sepatu dan tas, tetapi juga perbaikan skala kecil hingga besar, dan juga pewarnaan kembali. Salah satu keunggulan dari jasa perbaikan, sepatu atau tas jadi nampak baru kembali.

"Kami bisa reparasi dengan kualitas yang justru lebih bagus dari aslinya bahkan, karena misalnya sebelumnya berbahan kulit sintetis nah kita bisa ganti dengan kulit asli yang ketahanannya bisa 3 sampai 4 kali lebih kuat dari kulit sintetis aslinya," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.