Sukses

Mau Jadi Pengusaha Online? Intip 8 Langkahnya

Bisnis online adalah bentuk bisnis yang dilakukan melalui internet yang bisa meminimalisasi biaya.

Liputan6.com, Jakarta - Bisnis online adalah bentuk bisnis yang dilakukan melalui internet yang bisa meminimalisasi biaya. Bisnis tersebut dapat meliputi penjualan produk atau jasa, dropshipping, affiliate marketing, dan lainnya.

Bagian terbaik dari bisnis online adalah bahwa kita dapat melakukan bisnis dari mana saja dan oleh siapa saja, termasuk bagi pemula. Bukan hanya itu, kita dapat menjangkau pelanggan hingga seluruh dunia untuk meningkatkan potensi pendapatan.

Memulai bisnis online dapat menjadi pilihan yang menguntungkan bagi kita yang ingin menjalankan usaha tanpa harus memikirkan biaya sewa tempat, peralatan yang mahal, dan kuantitas barang yang banyak. Namun, kita penting melakukan riset dan mempersiapkan bisnis ini sebelum memulai.

Untuk memulai bisnis online sebagai pemula, ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan:

1. Tentukan produk atau jasa yang ingin dijual

Pertama, tentukan produk atau jasa yang ingin anda jual secara online, baik berupa barang fisik atau layanan. Pastikan produk atau jasa tersebut memiliki permintaan yang cukup di pasaran.

2. Buat website

Selanjutnya, buat website untuk bisnismu. Ada beberapa platform yang dapat digunakan, seperti Shopify, WooCommerce, atau Amazon. Pastikan website tersebut responsif dan mudah digunakan.

3. Pemasaran

Buat strategi pemasaran untuk menarik perhatian calon pelanggan. Gunakan media sosial dan iklan online untuk mempromosikan produk atau jasa.

4. Proses transaksi

Pastikan memiliki sistem pembayaran yang aman dan mudah digunakan oleh pelanggan. Misalnya, kamu bisa menggunakan midtrans atau pihak ketiga yang melancarkan proses transaksi melalui situsmu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

5. Pelayanan pelanggan

Jangan lupa untuk menyediakan pelayanan pelanggan yang baik dan responsif guna menjaga kepuasan pelanggan.

6. Analisis

Jangan lupa untuk melakukan analisis data agar mengetahui performa bisnis dan mengevaluasi strategi pemasaran.

7. Pahami Aturan Pajak

Pastikan kamu memahami peraturan dan perpajakan yang berlaku di negaramu untuk berbisnis online. Jangan sampai kita menjadi warga yang tidak taat pajak, ya.

8. Adaptasi

Selalu siap beradaptasi dan berevolusi terhadap perubahan pasar, teknologi, atau kebutuhan pelanggan. Jangan cepat puas, tetap belajar, dan ikuti ritme perubahan pasar.

Secara keseluruhan, bisnis online dapat menjadi cara yang menguntungkan untuk menghasilkan uang. Tentu hal ini memerlukan kerja keras dan kesabaran. Dengan persiapan yang baik dan komitmen yang kuat, siapa saja dapat menjalankan bisnis online.

Jadi, jangan ragu untuk memulai bisnis online, tetapkan tujuan yang jelas, pelajari dengan baik pasar dan target konsumen, dan usahakan untuk terus belajar dan beradaptasi dalam mengembangkan bisnis. Semoga beruntung!

Penulis: Fathia Uqimul Haq

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.