Sukses

Sama-Sama dari Ranah Minangkabau, Ini Beda Nasi Padang dan Nasi Kapau

Meski sama-sama berasal dari Ranah Minangkabau, nasi padang dan nasi kapau tetap memiliki perbedaan.

Liputan6.com, Padang - Nasi padang merupakan kuliner yang berasal dari Sumatera Barat. Selain nasi Padang, Sumatra Barat juga memiliki sajian kuliner khas lainnya, yakni nasi kapau.

Meski sama-sama berasal dari Ranah Minangkabau, keduanya tetap memiliki perbedaan.

Berikut beda nasi padang dan nasi kapau:

1. Asal Wilayah

Nasi padang merupakan masakan yang dibuat oleh orang Minangkabau dari berbagai wilayah Sumatra Barat. Sementara itu, nasi kapau berasal dari daerah bernama Nagari Kapau. Nagari atau Desa Kapau terletak di Kabupaten Agam, Sumatra Barat.

2. Tata Letak Makanan

Seperti yang bisa dilihat di berbagai rumah makan Padang, biasanya setiap hidangan nasi padang ditata sedemikian rupa di atas piring atau mangkuk. Piring dan mangkuk yang berisi aneka lauk itu kemudian ditelakkan di dalam etalase kaca.

Sementara itu, semua menu nasi kapau diletakkan di atas meja besar secara bertingkat, layaknya tangga. Umumnya, posisi penjual lebih tinggi dari makanan, sehingga untuk mengambil makanan, penjual harus memakai sendok bertangkai panjang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menu yang Disajikan

3. Menu yang Disajikan

Restoran nasi padang dan nasi kapau memiliki perbedaan menu yang siginifikan. Salah satunya gulai pada nasi kapau yang biasanya merupakan gulai nangka.

Jika dibandingkan dengan gulai nangka pada nasi Padang, gulai nangka pada nasi Kapau biasanya berwarna kuning dan tidak terlalu kental. Selain itu, di rumah makan nasi Kapau juga terdapat gulai tambusu, yakni usus sapi yang diisi olahan telur ayam dan tahu. 

4. Jenis Sayuran

Selain gulai, jenis sayuran yang dihidangkan di rumah makan nasi padang dan nasi kapau juga berbeda. Nasi padang biasanya dilengkapi dengan sayur daun singkong, rebung, atau nangka. Sementara itu, nasi kapau biasanya menyajikan sayur kol dengan kacang Panjang.

5. Cara Memesan 

Saat berkunjung ke rumah makan padang, pengunjung bisa mengambil sendiri nasi, lauk, dan sayur yang diinginkan. Selain itu, pengunjung juga bisa datang langsung duduk dan menunggu makanan dihidangkan oleh penjual.

Sementara itu, pembeli nasi kapau hanya bisa langsung memilih menu yang terdiri dari lauk pauk, gulai, sambal, dan sayuran di meja besar. Kemudian pesanan tersebut diambil penjual dengan sendok panjang dan diberikan kepada pembeli yang sudah duduk manis di depan lauk tersebut.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.