Sukses

Misteri Rumah Kentang di Indonesia, Ada Kaitannya dengan Cerita Tragis dan Genderuwo

Setidaknya ada tiga rumah kentang di Indonesia dengan versi cerita mistis yang berbeda-beda. Apa saja?

Liputan6.com, Yogyakarta - Kisah rumah kentang menjadi salah satu cerita horor yang melegenda di Indonesia. Kisah ini identik dengan aroma kentang rebus yang keluar dari sebuah rumah kosong.

Beberapa masyarakat mengaitkan hal tersebut dengan kehadiran genderuwo. Bahkan, kisah tentang rumah kosong beraroma kentang rebus pernah diangkat ke layar lebar dengan judul 'Rumah Kentang: The Beginning'

Sementara itu, keberadaan rumah kentang tak hanya berlokasi di satu daerah. Setidaknya ada tiga rumah kentang di Indonesia dengan versi cerita mistis yang berbeda-beda. Apa saja?

1. Rumah Kentang Yogyakarta

Rumah Kentang di Yogyakarta terletak di Kota Baru, tepatnya di seberang SMA Stella Duce I. Rumah kentang Yogyakarta ini tak memiliki kisah tragedi yang merengut nyawa seseorang.

Rumah kentang ini mengeluarkan bau kentang rebus di waktu-waktu tertentu saja. Konon, warga setempat percaya, aroma kentang busuk tersebut menandakan kemunculan genderuwo.

Sejumlah orang mengaku pernah melihat penampakan noni Belanda di rumah tersebut. Beberapa warga juga pernah melihat sosok berwajah hancur. Kini, rumah dua lantai itu sudah beralih fungsi menjadi kantor Bank BTN.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rumah Kentang Dharmawangsa, Jakarta

2. Rumah Kentang Dharmawangsa, Jakarta

Kisah rumah kentang di Dharmawangsa menjadi salah satu kisah yang paling terkenal. Konon, di rumah ini pernah ada asisten rumah tangga yang kesal terhadap anak majikannya yang sangat nakal.

Ia kemudian memasukkan anak tersebut ke dalam kuali yang digunakan untuk merebus kentang dan memutilasi jasadnya. Parahnya lagi, sang pengasuh menyajikan daging anak tersebut di pesta yang digelar majikannya.

Para tamu undangan pun menikmati daging tersebut, termasuk kedua orangtuanya. Sejak saat itu, rumah kentang Dharmawangsa sering mengeluarkan aroma kentang pada malam hari.

Warga setempat juga pernah mendengar suara perempuan meminta tolong. Selain itu, juga ada suara teriakan anak kecil dari dalam rumah dua lantai tersebut.

3. Rumah Kentang Bandung

Terdapat sebuah rumah kosong di Bandung yang sering mengeluarkan aroma kentang. Rumah tersebut terletak di Jalan Banda, Citarum, Bandung.

Rumah satu lantai bergaya kolonial ini telah lama ditinggalkan penghuninya. Tak hanya aroma kentang, beberapa warga juga mengaku pernah melihat penampakan anak kecil dan seseorang dengan wajah hancur.

Konon, pernah terjadi sebuah tragedi mengenaskan di rumah itu. Dahulu, ada seorang ibu yang merebus kentang sambil menggendong bayinya.

Bayi tersebut jatuh ke dalam kuali besar dan meninggal seketika. Kini, rumah kentang tersebut telah berubah menjadi Roemah Kentang 1908 yang dijadikan kafe dengan desain interior lebih modern.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.