Sukses

Sempat Bakar 27 Hektar Lahan Gambut, Karhutla di Kotawaringin Barat Berhasil Dipadamkan

Kebakaran hutan dan lahan melanda Desa Kumpai Batu Bawah, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah berhasil dipadamkan oleh petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI-Polri dan relawan.

Liputan6.com, Palangka Raya Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melanda Desa Kumpai Batu Bawah, Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah berhasil dipadamkan oleh petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI-Polri dan relawan.

Kebakaran yang menghanguskan sekitar 27 hektar lahan gambut sejak (30/12/2022) berhasil dipadamkan petugas gabungan menggunakan pompa potable kurang lebih selama tiga hari.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kotawaringin Barat Syahruni mengatakan, jauhnya titik api dan tidak adanya akses menuju lokasi membuat petugas kesulitan memadamkan api.

"Dalam pemadaman ini kendalanya mobil tangki kami tidak bisa masuk, sehingga harus menggunakan mesin pompa portabel yang bisa dipanggul dengan menggunakan sumber air di lokasi," ujar Syahruni, Senin (02/01/2023).

Pihaknya juga masih terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk menelusuri penyebab kebakaran tersebut. Kemudian akan memanggil para pemilik lahan yang terbakar untuk dimintai keterangan.

"Kalau dari putung rokok itu tidak mungkin karena jauh dari jalan, lokasinya berada di tengah hutan," tambah Syahruni.

BPBD menghimbau meskipun Indonesia masih berada di musim penghujan, potensi terjadinya karhutla masih sangat mungkin terjadi. Pihaknya juga meminta masyarakat agar tetap waspada dan ikut serta berperan aktif dalam mencegah karhutla.

Simak juga video pilihan berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.