Sukses

Tips Liburan Aman Momen Pergantian Tahun Baru

BMKG telah merilis secara resmi terkait kondisi cuaca di penghujung tahun dan awal tahun 2023

Liputan6.com, Jakarta - Cuaca buruk dan ekstrem kerap menghantui masyarakat agar lebih waspada dan hati-hati saat hendak menikmati libur akhir tahun. 

BMKG telah merilis secara resmi terkait kondisi cuaca di penghujung tahun dan awal tahun 2023 akan terjadi cuaca ekstrim. Dalam arti lain tentunya di waktu-waktu itu merupakan waktu libur akhir tahun.

Banyak aktivitas yang kita ingin lakukan di akhir tahun namun terkendala cuaca ekstrem. Butuh persiapan matang agar liburan di musim hujan tidak menjadi sebuah kendala signifikan.

Berikut sejumlah tips untuk liburan tetap menyenangkan meskipun kondisi cuaca tidak menentu.

Selalu Pantau Perkiraan Cuaca

Agar liburan tidak terganggu dengan hujan, alangkah baiknya jika kamu selalu update perkiraan cuaca dari BMKG. 

Terutama cuaca di tempat tujuan liburan. Jangan sampai Anda memaksakan liburan di tengah cuaca yang sedang buruk-buruknya.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlengkapan yang Diperlukan

Jika memang tujuan liburan anda di tempat outdoor, Maka jangan lupa menyiapkan barang-barang yang memang dibutuhkan. 

Contohnya seperti jas hujan, payung, jaket anti air atau apapun yang wajib kamu Siapkan agar liburan di musim hujan tetap nyaman dan menyenangkan.

Obat-Obatan Pribadi

Menyiapkan obat-obatan pribadi menjadi catatan penting terutama untuk kamu yang memiliki riwayat penyakit tertentu. Hal tersebut bertujuan agar liburanmu berjalan lancar dan tidak ada hambatan.

Pilihan Kuliner

Saat sedang berwisata, berbulu kuliner merupakan suatu kegiatan yang wajib. Agar kamu tidak merasa kedinginan saat liburan di musim hujan, Anda dapat memilih kuliner yang hangat.

Belilah minuman atau makanan hangat di tempat wisata yang Anda kunjungi.

Destinasi yang Nyaman

Jika anda ingin merasakan kenyamanan liburan saat musim hujan, pastikan untuk memastikan terlebih dahulu destinasi wisata yang aman dan juga nyaman.

Sebaliknya, pilihlah lokasi wisata indoor atau dalam ruangan agar anda tidak kedinginan ketika hujan turun. Banyak sekali wisata indoor yang menarik untuk kamu kunjungi. 

Misalnya seperti staycation di hotel dengan gaya yang unik, wisata taman pintar, museum, atau nonton film di bioskop.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.