Sukses

Limbah Minyak Jelantah Bisa Jadi Sabun Cuci, Begini Caranya

Proses mengolah limbah jelantah menjadi sabun terbilang mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Kepedulian terhadap lingkungan ditunjukkan ritel modern di Indonesia. Caranya, mengelola minyak jelantah menjadi sabun cuci.

Pelatihan ini digelar Alfamart di  Duri Kepa Jakarta Barat dengan menggandeng Bank Sampah Tri Lestari. Pelatihan bertajuk Pintar Memilah dan Mengelola Limbah ini diikuti puluhan warga setempat, Kamis (22/12/2022).

Proses mengolah limbah jelantah menjadi sabun terbilang mudah. Pertama, kumpulkan jelantah bekas. Lalu, bersihkan dengan cara direndam arang untuk menghilangkan bau anyir yang menempel.

Kemudian, aduk dengan soda api dengan takaran yang sudah ditentukan aduk hingga bercampur. Bisa juga menambahkan air pandan atau air lemon untuk memberi aroma wangi alami dan juga pewarna makanan agar tampilannya menjadi lebih cantik.

Menurut Tri Lestari, kecintaan terhadap lingkungan bukan hanya berdampak untuk kelestarian alam, melainkan juga bisa menambah penghasilan.

“Hanya butuh sedikit kreativitas, maka limbah jelantah bisa menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual seperti sabun ataupun lilin,” ujarnya.

Tri merasa senang jika ada perusahaan yang mau mendukung gerakan peduli lingkungan sekaligus mengasah kreativitas.

Sementara Branch Manager Alfamart Cikokol, Hadi Susianto, berpendapat selain menanamkan rasa peduli akan lingkungan hidup, kegiatan pelatihan pemberdayaan masyarakat ini diharapkan mampu menambah dan mengasah keterampilan masyarakat khususnya kaum ibu.

“Sehingga dapat menjadi sumber penghasilan secara mandiri,” ucapnya.

Kegiatan pelatihan ini merupakan bagian dari program pemberdayaan perempuan yang bertujuan memberikan tambahan keterampilan.

“Jika ditekuni dengan serius, keterampilan tersebut dapat dijadikan tambahan penghasilan dan meningkatkan kesejahteraan  keluarga,” kata Hadi.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.