Sukses

Kecelakaan Maut di Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, 2 Orang Meninggal Dunia

Kecelakaan di proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Kabaten Bandung, Jabar, memakan korban.

 

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan di proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Kabaten Bandung, Jabar, memakan korban. Kecelakaan melibatkan kereta teknis dan lokomotif kereta cepat menyebabkan dua orang meninggal dunia dan lainnya luka-luka. Tim Labfor dan Inafis Polri serta Polda Jabar langsung turun ke lokasi hari ini untuk mengecek tempat kejadian kecelakaan.

Kepala Divisi Humas Polri Irjenpol Dedi Prasetyo mengatakan, Tim Labfor dan dari Mabes Polri, kemudian Inafis melapis Polda Jawa Barat sudah turun ke TKP.

Peristiwa ini cukup menyita perhatian warga jejaring dan cuplikan video amatir peristiwa kecelakaan kereta cepat beredar luas di dunia maya. Menurut jenderal bintang dua itu, tim kepolisian bersama kementerian dan lembaga terkait menelusuri penyebab kecelakaan itu.

Dedi mengatakan, dalam kecelakaan itu terdapat korban jiwa, yakni dua orang meninggal dunia dan lima orang luka berat. Terkait kecelakaan itu, kata dia, penyidik dari Polda Jawa Barat telah melakukan pemeriksaan dan meminta keterangan sejumlah saksi-saksi di tempat kejadian.

"Saksi-saksi yang sudah diperiksa oleh penyidik Polda Jabar informasi yang saya dapat tadi malam kurang lebih 18 orang," kata dia.

Dedi juga menyebutkan, upaya mencari tahu penyebab kecelakaan maut kereta cepat tersebut masih berproses, tidak hanya dari kepolisian, tetapi juga ahli dari Komite Nasional Kecelakaan Transportasi, termasuk dari PT KAI.

"Bila perlu nanti melibatkan dari pihak luar sebagai penyedia kereta tersebut ya. Jadi betul-betul hasilnya akan komprehensif disampaikan ke media," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kecelakaan Maut

Tim Inafis telah mengidentifikasi korban kecelakaan kereta, baik yang meninggal dunia ataupun luka-luka. Kemudian, lanjut dia, hari ini tim polisi mengecek semua yang menjadi jalur perlintasan, titik tabrakan, dan kereta api yang digunakan untuk uji coba tersebut.

"Semua akan kami cek semuanya. Ini butuh proses," katanya.

Kecelakaan melibatkan kereta teknis dan lokomotif kereta cepat di proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) terjadi di Kampung Cempaka, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (18/12/2022) sekitar pukul 16.00 WIB.

Lokomotif kereta cepat bergerak cepat dari arah Padalarang menuju Jakarta hingga menabrak kereta teknis yang tengah berada di luar rel kereta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.