Sukses

Cerita Murid Madrasah di Pekanbaru Berani Kotor Demi Cinta Lingkungan Sejak Dini

Puluhan murid Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 01 Pekanbaru semangat menanam bibit pohon di sekolahnya dan berani kotor demi menjaga lingkungan. 

Liputan6.com, Pekanbaru - Puluhan murid Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) 01 Pekanbaru terlihat semangat menanam bibit pohon di lingkungan sekolahnya. Generasi penerus bangsa ini tak takut tangannya kotor berhadapan dengan tanah demi menjaga lingkungan. 

Bibit pohon seperti jambu, mangga, durian dan manggis ditanam di sekitar sekolah sebagai gerakan penghijauan. Pohon itu nantinya diharap menjaga alam meskipun lingkupnya kecil.

Penanaman ini merupakan kerjasama pihak sekolah dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Indragiri Rokan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Kegiatan juga melibatkan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Rumbai, Pekanbaru. 

Menurut Kepala BPDASHL Indragiri Rokan KLHK Irpana, gerakan ini sebagai pendidikan cinta lingkungan sejak dini demi membangun kehidupan lebih baik. Kepedulian sejak dini terhadap lingkungan sebagai upaya membangun peradaban manusia. 

"Hari ini kita memberi contoh pendidikan membangun peradaban yang baik karena menanam pohon bernilai kebaikan dan ibadah," kata Irpana, Kamis siang, 8 Desember 2022.

Irpana menjelaskan, ada 170 bibit pohon yang ditanam di sekitar MIM 01 Pekanbaru. Dia mengapresiasi semangat murid dan guru yang memberikan edukasi generasi cinta lingkungan dengan memelihara pohon. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sentra Bibit Gratis

Saat ini, BPDASHL Indragiri Rokan KLHK memiliki dua lokasi persemaian permanen, di Kampar dan Pekanbaru dengan kapasitas produksi mencapai 1,5 juta bibit. Masyarakat bisa mendapatkan bibit ini secara gratis.

Selain program bibit produktif, penghijauan juga dilakukan dengan pelibatan masyarakat melalui program kebun bibit desa dan kebun bibit rakyat. 

"Mari kita perbanyak tanam pohon dan memeliharanya dengan baik, manfaatnya tidak hanya untuk ekologis tapi juga bernilai ekonomi," kata Irpana.

Kepala MIM 01 Pekanbaru Hasmiati SAg berterimakasih atas dukungan BPDASHL dalam penghijauan lingkungan sekolah. Apalagi kegiatan ini mengajarkan semangat cinta lingkungan sejak dini kepada murid. 

"Wali murid juga ikut menanam untuk menghijaukan lingkungan sekolah serta cinta lingkungan," ujar Hasmiati. 

Sementara itu, Ketua majelis Dikdasmen Pimpinan Cabang Muhammadiyah Rumbai, Busihat Lc MPdi mengatakan, kegiatan penghijauan di lingkungan sekolah ini sejalan dengan cita-cita organisasi.

"Kami ingin kelak MIM 01 Pekanbaru menjadi sekolah Adiwiyata, semoga ini menjadi semangat bersama mewujudkan sekolah hijau yang peduli lingkungan," kata Busihat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.