Sukses

Piala Dunia 2022: Intip Peluang Tunisia Dampingi Prancis Lolos ke Fase 16 Besar

Liputan6.com, Jakarta - Fase grup Piala Dunia Qatar 2022, nyaris usai. Sorotan kini tertuju ke dua grup, yakni C dan D yang bakal menuntaskan laga terakhir penyisihan grup pada malam nanti.

Penghuni grup D, Prancis sudah dipastikan melenggang ke babak 16 besar setelah mampu menyapu bersih dua laga sebelumnya. Kylian Mbappe dan kolega menang 4-1 atas Australia di laga pembuka pada Rabu (23/11/2022), dan di laga selanjutnya sukses menundukkan Denmark 2-1 pada Sabtu (26/11/2022).

Namun, yang menarik bagaimana peluang ketiga tim yang tergabung dengan Prancis di Grup D, bisa lolos ke fase selanjutnya. Dimulai dari Australia yang akan berhadapan dengan Denmark di laga terakhir grup D yang berlangsung di Stadion Al Janoub pada Rabu (30/11/2022), malam. Australia menempati peringkat dua klasemen sementara dengan torehan tiga poin dengan selisih gol minus 2.

Australia bisa langsung lolos menemani Prancis jika mereka berhasil menekuk Denmark di laga nanti. Namun, bagaimana bila hasil laga berujung imbang. Maka kemungkinan penentuan Australia lolos ditentukan oleh laga lainnya.

Bagaimana dengan Denmark? Christian Eriksen dan kolega wajib menang saat melawan Australia jika ingin mendampingi Prancis yang sudah duluan lolos ke babak 16 besar. Hal itupun ditentukan oleh laga Prancis kontra Tunisia yang berlangsung di waktu yang sama.

Jika ternyata Tunisia berhasil menjungkalkan juara bertahan Prancis dengan skor minimal 1-0, maka Australia harus menang melawan Denmark dengan skor minimal 3-0. Artinya, Australia lolos dengan unggul selisih gol atas Tunisia yang juga memenangkan laga kontra Prancis.

Semakin Tunisia menang besar atas Prancis, maka Australia pun harus menang besar pula atas Denmark di laga nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Skema Denmark

Selanjutnya, skema Denmark yang lolos bersama Prancis ke fase selanjutnya. Denmark memiliki peluang cukup besar untuk bisa lolos ke fase selanjutnya dengan syarat bisa menekuk Australia di laga nanti.

Namun, kemenangan Denmark atas Australia tidak serta merta membuat Eriksen cs bisa otomatis lolos. Ada syarat lain yang harus terjadi jika Denmark ingin lolos, yakni Tunisia harus kalah dari Prancis.

Jika Tunisia menang dari Prancis dengan skor 1-0, maka Denmark harus menang saat bersua Australia dengan skor minimal 1-0, mengingat selisih gol kedua kesebelasan sama-sama minus 1.

Peluang yang nyaris sama pun dimiliki oleh Tunisia, Di mana wakil Afrika tersebut butuh menang saat bertemu Australia di laga terakhir penyisihan grup D, kontra Prancis.Namun, Tunisia harus mencetak gol lebih banyak dari Denmark jika Australia dikalahkan Denmark.

Lain halnya jika Denmark versus Australia berakhir dengan skor imbang 0-0. Alhasil kemanangan 1-0 yang ditorehkan Tunisia, akan membuat skuad asuhan Jalal Qaderi tersebut bisa lolos ke fase selanjutnya.

Peluang Tunisia memang kecil dibandingkan dengan Australia ataupun Denmark. Pasalnya, Tunisia harus berhadapan dengan Prancis yang memiliki rekam jejak ciamik dan menyandang juara bertahan.

3 dari 3 halaman

Klasemen

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS