Sukses

Ini Agenda Wapres Ma'ruf Amin di Bumi Cenderawasih Papua

Liputan6.com, Jayapura - Wakil Presiden Ma’ruf Amin dijadwalkan mengunjungi Bumi Cenderawasih Papua, hari ini Senin (28/11/2022). Pesawat yang membawa Ma’ruf direncanakan mendarat di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, sore nanti. 

Keesokan harinya, Ma’ruf akan meresmikan Kantor Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) yang terletak di Jayapura, ibu kota Provinsi Papua.

Ma’ruf ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua melalui Peraturan Presiden Nomor 121 Tahun 2022. Badan ini didirikan untuk mengurusi otsus di sejumlah provinsi di tanah Papua. Pendirian badan ini merujuk UU Nomor 21/2021 tentang revisi otsus Papua.

“Direncanakan Pak Wapres akan mengunjungi salah satu PAUD di Jayapura,” kata Komandan Korem 172/PWY, Brigjen TNI J.O Sembiring, usai apel pasukan di Lapangan Trisila TNI AL Hamadi Kota Jayapura Papua, Minggu sore (27/11/2022).

Danrem 172/PWY selaku Komandan Satgas Pengamanan Wilayah kunjungan Wapres menuturkan 3.000 personel TNI AD yang diturunkan dalam mengawal pengamanan wapres di Jayapura. 

“Apel dilakukan untuk pengecekan pasukan, termasuk pengamanan VVIP di setiap titik dan pengecekan lokasi yang akan dikunjungi oleh wapres. Personel yang disiapkan sudah masuk pada posisi masing-masing yang telah ditentukan,” jelasnya.

 

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Sinergi Ciptakan Keamanan

Dalam pengamanan ini, Danrem juga bersinergi dengan tokoh adat, masyarakat, agama dan pemuda setempat. “Mari kita tunjukkan bahwa kota penuh keramahan, kota yang penuh kedamaian karena setiap kunjungan VVIP pasti ada efek domino bagi masyarakat setempat," Danrem berujar.

Dia berpesan kepada setiap personel yang bertugas agar mengantisipasi adanya pergerakan warga yang ingin menghambat kelancaran kegiatan kunjungan Wapres. Belajar dari peristiwa di Bali, seorang wanita berhasil menerobos pengamanan dan mendekati mobil presiden.

"Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar bisa bersama-sama memberikan contoh yang baik ke daerah lain sehingga kejadian di Bali tidak terulang di Papua. Kami harap tidak ada yang main slonong boy, istilah saya,” jelasnya.

Selain ke Jayapura, wapres akan melanjutkan kunjungan ke Merauke di Papua Selatan, Timika di Provinsi Papua Tengah dan di Kaimana, Provinsi Papua Barat.  

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS