Sukses

Siapa Breel Embolo, Pemain Swiss Urung Selebrasi Usai Cetak Gol Lawan Kamerun?

Liputan6.com, Jakarta - Pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 antara Swiss vs Kamerun, Kamis (24/11/2022), berhasil membawa Swiss kepada kemenangan dengan skor 1-0. Gol tersebut diciptakan oleh Breel Embolo yang saat berhasil bikin gol justru tidak melakukan selebrasi sama sekali.

Sikap Embolo tersebut terlihat canggung untuk sebagian orang. Namun sebagian lain berpikir bahwa Embolo menunjukan sikap respek yang harus diacungi jempol.

Melansir dari Tbsnews, Breel Embolo tidak ragu memperlihatkan kesetiaannya. Embolo mengungkapkan bahwa ia tetap yakin bangga dan kuat sebab ikatan keluarganya dalam negara Afrika.

Hari itu, turut menjadi pertandingan yang spesial terutama untuknya dan keluarganya yang merupakan tanah kelahirannya adalah Kamerun.

“Ini sangat spesial. Ini kampung halaman saya dan ibu serta Ayah saya berasal dari sana, keluarga saya, kebanyakan dari mereka berasal dari sana. Jadi, ini adalah pertandingan spesial untuk saya dan keluarga saya,” kata Embolo.

Publik yang mengetahui bahwa Embolo merupakan kelahiran Kamerun pun salut melihatnya yang tidak melakukan selebrasi. Meskipun berhasil membawa skor 1-0 dalam pertandingan yang berlangsung di Stadium Al Janoub.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) 2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Profil Breel Embolo

Breel Embolo merupakan pemain sepak bola profesional yang mempunyai posisi sebagai penyerang. Ia lahir di Ibu Kota Kamerun, Younde.

Kedua orang tuanya merupakan asli dari Kamerun namun bercerai ketika dirinya kecil sehingga ia pindah bersama ibunya saat berusia lima tahun ke Perancis.

Setelah itu, keluarganya pun pindah ke Basel dan ia berlatih menjadi pemain junior. Embolo pun serius berkarier dalam dunia sepak bola. Ia akhirnya menjadi warga negara Swiss pada 2014.

Embolo sudah berkarier sebagai pemain tim U-16 dan membela Swiss dalam tingkat internasional. Ada sekitar 60 pertandingan telah ia lalui. Saat ini ia juga bermain untuk klub AS Monaco sebagai penyerang.

 

3 dari 3 halaman

AS Monaco

Di AS Monaco, Embolo berhasil membawa tujuh gol dalam 15 pertandingan musim ini. Sedangkan dalam permainan Piala Dunia, ini merupakan yang kedua kalinya ia harus melawan tanah kelahirannya yaitu Kamerun.

Meskipun berhasil memenangkan Swiss ketika melawan Kamerun, Embolo memilih untuk tidak melakukan selebrasi ketika gol tersebut. Jika melihat ia memberi penghormatan kepada negara kelahiran dan negara keluarganya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.