Sukses

Arab Saudi vs Argentina, Berikut Profil Herve Renard

Arab Saudi memulai kampanye Piala Dunia mereka dengan tugas yang berat. Menghadapi Lionel Messi yang memperkuat Timnas Argentina.

Liputan6.com, Jakarta - Arab Saudi memulai kampanye Piala Dunia mereka dengan tugas yang berat. Menghadapi Lionel Messi yang memperkuat Timnas Argentina.

Selain Argentina, Arab Saudi juga menghadapi Meksiko dan Polandia di Grup D Piala Dunia 2022. Adapun Arab Saudi melawan Argentina pada laga pembuka grup ini, Selasa (21/11/2022).

Timnas Arab Saudi saudi dipimpin Herve Renard. Pelatih berkebengsaan Perancis itu mulai melatih The Green Falcons mulai Juli 2019.

Kedatangan Renard memberi Arab Saudi optimisme baru menuju turnamen Piala Dunia 2022 meskipun berada dalam kelompok yang tampak sulit. Renard memiliki banyak pengalaman di tingkat internasional, setelah memimpin Maroko ke Rusia empat tahun lalu dan juga memenangkan Piala Afrika dua kali dengan dua negara berbeda.

Renard memulai karier manajerialnya di SG Draguignan di negara asalnya, Perancis. Kemudian, ia pindah ke Inggris untuk mengambil alih sebagai bos di League Two Cambridge.

Meskipun ia memegang rekor yang cukup buruk dalam waktu singkat di klub, Renard dipuji karena manajemen pemainnya dan bagaimana ia melatih beberapa pemainnya.

Mantan pemain Everton dan kiper Norwich John Ruddy adalah bagian dari pasukan Cambridge ketika Renard tiba. Di bawah masa jabatan Renard, Ruddy akhirnya mendapatkan uji coba dengan Toffees dan Manchester United.

Setelah menjadi bos di Cambridge, Renard memiliki banyak mantra pada orang-orang seperti Nam Dinh dan AS Cherbourg, sebelum bertahan dalam dua tugas pertamanya sebagai manajer Timnas Zambia. Di sinilah Renard benar-benar membuat tanda, dengan memenangkan Piala Afrika di tugas keduanya. Hal itu mengejutkan Afrika saat mereka mengalahkan Pantai Gading di final pada 2012.

Renard bertahan satu tahun lagi dalam pekerjaan di Zambia karena ia benar-benar memutuskan untuk mengambil alih sebagai manajer Pantai Gading pada Juli 2014 dengan The Elephants yang ingin menjadi lebih baik di AFCON.

Pria berusia 54 tahun itu pun memenangkan gelar kedua, mengalahkan Ghana 9-8 melalui penalti. Itu adalah prestasi yang belum pernah dilakukan manajer sebelumnya, dan Renard membuat rekor baru.

Setelah gagal di Lille, Renard kembali ke manajemen internasional dan tinggal di Afrika bersama Maroko. Dia berhasil mengamankan Maroko di kualifikasi untuk Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam 20 tahun, meskipun Maroko hanya mengambil satu poin dari tiga pertandingan yang mereka dapat dengan hasil imbang 2-2 dengan Spanyol di pertandingan terakhir mereka.

Tetapi kekalahan 1-0 melawan yang terakhir membuat segalanya sulit bagi Renard. Maroko kemudian menghadapi kemunduran dan akhirnya tersingkir dari AFCON di babak penyisihan grup, dan mantan pelatih Zambia itu bertanggung jawab atas kekalahan mereka dari kompetisi.

Setelah meninggalkan Maroko, tidak butuh waktu lama bagi Renard untuk mendapatkan pekerjaan baru karena ia diangkat sebagai manajer Arab Saudi pada 2019. Sejak pengangkatannya, Timnas Arab Saudi telah naik dari peringkat ke-70 ke peringkat ke-51 di peringkat dunia FIFA dan menduduki puncak grup kualifikasi Piala Dunia baru-baru ini yang mencakup Jepang dan Australia.

Selama waktu itu, Federasi Sepak Bola Arab Saudi mengumumkan bahwa Renard telah menandatangani perpanjangan untuk kesepakatannya saat ini hingga 2027.

“Sejak saya tiba di sini saya merasa seperti milik saya, saya merasakan gairah untuk sepakbola, keinginan orang untuk sukses dan tumbuh dan aspirasi negara untuk maju dan berkembang. Saya melihat negara yang penuh dengan pemain muda berbakat. Kami mencapai target pertama kami, mari kita bekerja bersama untuk sisanya. Saya di sini untuk tinggal,” kata Renard.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.