Sukses

Pemeran Ranger Hijau Meninggal Dunia, Ini Perjalanan Karier Jason David Frank

Pemeran Tommy Oliver di serial Power Rangers ini meninggal di usia 49 tahun.

Liputan6.com, Yogyakarta - Aktor Jason David Frank meninggal dunia pada Minggu (20/11/2022) waktu Amerika Serikat. Pemeran Tommy Oliver di serial Power Rangers ini meninggal pada usia 49 tahun.

Kabar duka ini cukup mengejutkan para penggemar serial Power Rangers di seluruh dunia. Pasalnya, perannya sebagai Tommy Oliver telah menjadi ikon tersendiri bagi waralaba tersebut.

Jason Frank lahir di Covina, California pada 4 September 1973. Ia memulai karirnya pada 1993 dengan berperan sebagai Tommy Oliver, sang ranger hijau.

Ranger hijau sepanjang masa

Awalnya, peran untuk Frank hanya 14 episode. Namun, antusiasme penonton membawa Tommy Oliver kembali ke dalam serial tersebut sebagai ranger putih. Dalam serial itu, ia juga menjadi pemimpin baru dari para ranger.

Kepopulerannya juga membawa Jason David Frank sering kali mendapat peran utama dalam serial Power Rangers beberapa tahun setelahnya. Peran Jason David Frank sebagai Tommy Oliver seolah tak bisa digantikan di sepanjang tayangan serial Power Rangers, seperti Mighty Morphin Power Rangers: Alpha's Magical Christmas (1994), Power Rangers Turbo (1997), dan Power Rangers: The Lost Episode (1999).

Selain sebagai pemeran ranger hijau sepanjang masa, ia juga memerankan karakter lain. Ia berperan menjadi Zeo Ranger 5-Red dalam Power Rangers Wild Force (2002).

Sementara itu, dalam Power Rangers Dino Thunder (2004), ia memainkan Dino Ranger Hitam. Perannya sebagai Dino Ranger Hitam berlanjut ke Power Rangers Hyperforce (2018).

Dalam serial terakhirnya, Power Rangers Super Ninja Steel (2018), ia kembali berperan sebagai ranger hijau dan ranger putih. Selain serial Power Rangers, Jason David Frank juga bermain dalam sejumlah film Power Rangers.

Namanya hadir dalam judul Mighty Morphin Power Rangers: The Movie (1995), Turbo: A Power Rangers Movie (1997), Power Rangers (2017), dan Power Rangers: Legacy Wars - Street Fighter Showdown (2018). Perannya sebagai Power Rangers terbilang cukup ikonik, hingga pada 2022, Frank mengatakan bahwa ia telah pensiun dari waralaba Power Rangers.

Ahli bela diri

Selain aktif di dunia akting, Frank juga dikenal sebagai ahli bela diri. Mengutip dari beberapa sumber, disebutkan bahwa ia menguasai Shōtōkan, Wadō-ryū, Taekwondo, Judo, Brazilian Jiu-Jitsu, Muay Thai, Wing Chun, Jeet Kune Do, hingga Aikido yang ia olah menjadi seni bela diri baru Tusu Kune Do.

Pada 21 Agustus 2009, ia terjun ke arena MMA amatir di Amerika Serikat. Kariernya di dunia bela diri pun tak kalah cemerlang dari karier aktingnya.

Ia memenangkan semua laga dari empat pertandingan. Dua dari empat kemenangan tersebut diraih lewat teknik kuncian (submission).

Pada 4 Agustus 2010, Jason David Frank memulai debut profesionalnya di kategori kelas berat. Ia bisa mengalahkan lawannya Jose Roberto Vasquez secara cepat, yakni hanya 46 detik di ronde pertama dengan kuncian di leher.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.