Sukses

Ragam Teknik Relaksasi Diri untuk Pertolongan Pertama Saat Cemas

Berikut beberapa teknik-teknik relaksasi dan stabilisasi diri yang bisa dipraktikkan saat merasa penat, sesak, ataupun cemas:

Liputan6.com, Yogyakarta - Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, sering kali berbagai perasaan tak nyaman bahkan cemas muncul. Beberapa perasaan tak nyaman tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal.

Tak jarang, hal tersebut membuat pikiran penat sekaligus sesak. Kondisi ini bisa dipengaruhi oleh permasalahan psikologis atau hal lainnya.

Dikutip dari Yayasan Pulih, berikut beberapa teknik relaksasi dan stabilisasi diri yang bisa dipraktikkan saat merasa penat, sesak, ataupun cemas:

1. Deep Breathing

Ketika perasaan sedang bergejolak dan terasa tak nyaman, cobalah untuk berdiam sebentar dan mencoba latihan pernapasan. Latihan pernapasan ini dikenal dengan teknik pernapasan 4-7-8.

Caranya sederhana, pertama cobalah untuk berdiam sebentar dan posisikan tubuhmu senyaman mungkin. Kamu juga bisa memejamkan mata saat melakukan teknik ini.

Namun, jika kamu tak ingin memejamkan mata, kamu bisa mengarahkan pandangan mata ke bawah. Pastikan kamu tidak terdistraksi oleh hal lain.

Selanjutnya, tarik napas secara lembut dari hidung selama empat hitungan. Kemudian, tahan napas sebanyak tujuh hitungan.

Lalu, keluarkan dengan lembut melalui mulut sebanyak delapan hitungan. Ulangi beberapa kali dan temukan ritme yang tepat hingga kamu merasa lebih tenang.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Genggam Jari

2. Menggenggam Jari

Teknik relaksasi yang satu ini berasal dari Jepang. Teknik ini dapat membantu mengelola emosi yang sedang bergejolak dengan cara melancarkan aliran emosi sehingga membuat diri menjadi lebih tenang dan fokus.

Praktikkan teknik ini dengan cara menggenggam ibu jari secara lembut, layaknya memegang telur mentah. Tarik napas secara perlahan dan rasakan denyut halus di jari tersebut.

Jika tak bisa merasakan denyut nadi, cukup rasakan napas sebagai penggantinya. Setelah tiga atau lima tarikan napas, pindahkan ke jari berikutnya.

Lanjutkan trik ini hingga ke jari kelingking. Usai dirasa cukup tenang, akhiri trik ini dengan memijat telapak tangan secara lembut.

Teknik ini dipercaya cukup efektif karena masing-masing jari terhubung dengan emosi tertentu. Ibu jari berhubungan dengan perasaan khawatir, jari telunjuk berhubungan dengan perasaan takut atau panik, jari tengah berhubungan dengan perasaan marah, jari manis berhubungan dengan perasaan sedih, dan jari kelingking berhubungan dengan perasaan kurang percaya diri.

3. Butterfly Hug

Teknik butterfly hug atau pelukan kupu-kupu adalah bentuk stimulasi mandiri untuk meredam rasa cemas. Teknik ini juga mampu membuat diri merasa lebih tenang.

Teknik ini bisa dilakukan dengan posisi berdiri maupun duduk. Caranya, mulailah dengan menarik napas dan keluarkan secara perlahan.

Kemudian, silangkan tangan di depan dada, layaknya sayap kupu-kupu. Secara perlahan, tepukkan tangan ke badan secara bergantian kiri dan kanan.

Tarik dan buang napas sejalan dengan tepukkan telapak tangan. Setelah 16 kali, berhentilah dan tarik napas dalam-dalam. Kamu bisa mengulangi proses tersebut hingga merasakan perasaan yang lebih positif.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.