Sukses

5 Makanan Autentik Indonesia yang Mendunia dan Mudah Ditemui Sehari-Hari

Sama halnya dengan sushi dan ramen dari Jepang atau pizza dari Italia, Indonesia juga memiliki sajian khas yang mendunia.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kuliner menjadi salah satu identitas yang menjadi pembeda antara satu negara dengan negara lainnya. Cita rasa yang dihadirkan oleh setiap negara memiliki kekhasan tersendiri yang menjadikan hidangan tersebut sebagai suatu sajian yang otentik dan tak mudah ditiru.

Sama halnya dengan sushi dan ramen dari Jepang atau pizza dari Italia, Indonesia juga memiliki sajian khas yang mendunia. Melansir dari kemdikbud.go.id, bahkan Indonesia memiliki 5 makanan Indonesia yang banyak disukai, tak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri.

Berikut 5 makanan autentik Indonesia yang mendunia:

1. Sate

Makanan yang satu ini sangat mudah ditemui bahkan di hampir seluruh daerah di Indonesia. Sate juga menempati peringkat ke-14 sebagai makanan terenak di dunia.

Tak hanya satu bahan dasar, di Indonesia sate memiliki banyak ragam dan jenis, mulai dari ayam, kambing, sapi, kelinci, dan masih banyak lagi. Sate merupakan makanan yang berupa potongan daging atau bahan dasar lain yang ditusukkan ke lidi atau bambu.

Sate umumnya diolah dengan cara dibakar di atas arang. Biasanya, sate disajikan bersama dengan lontong atau ketupat, lengkap dengan sausnya yang khas.

2. Soto

MSoto merupakan hidangan berkuah kaldu daging atau sayuran. Sama seperti sate, soto juga memiliki beragam jenis.

Hampir setiap daerah di Indonesia, memiliki soto khasnya sendiri. Sebut saja soto Kudus, soto Lamongan, soto Semarang, dan lainnya.

Dengan porsinya yang cukup dan disajikan dalam mangkuk kecil, sate sangat cocok dijadikan menu sarapan. Makanan Indonesia mendunia ini pun juga menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nasi Goreng

3. Nasi goreng

Makanan autentik selanjutnya adalah nasi goreng. Nasi goreng adalah makanan yang pembuatannya paling mudah dan memiliki rasa yang menggugah selera.

Warna dari nasi goreng pun beragam, ada yang berwarna cokelat karena penambahan kecap di dalamnya. Selain itu, ada pula yang putih karena hanya menggunakan margarin tanpa kecap.

Nasi goreng juga umumnya dimasak sengan menambahkan aneka topping, seperti ayam, telur, bakso, sosis, babat, daging, dan lainnya. Tak lupa, tomat, timun, dan kol, menjadi pelengkap sayuran yang menambah kelezatan.

4. Rendang

Berbicara tentang makanan otentik khas Indonesia yang mendunia, rasanya tak lengkap jika tak menyertakan rendang ke dalam daftar. Rendang merupakan makanan khas dari Sumatera Barat.

Rendang umumnya terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu dan santan kelapa. Proses memasaknya pun memakan waktu yang tak sebentar.

5. Gado-gado

Gado-gado merupakan sajian yang berisi aneka sayuran yang direbus. Sayur-sayuran tersebut kemudian disiram dengan bumbu kacang.

Sayuran yang biasa digunakan dalam gado-gado adalah kacang panjang, tauge, selada, timun, tahu, dan lainnya. Selain itu ada juga telur rebus yang ditambahkan ke dalamnya.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.